Tuesday, April 30, 2013

Trend Jas Kerja 2013



Pernahkah anda memperhatikan pakaian para pengusaha atau orang kantoran saat mereka akan pergi bekerja? Baik pria ataupun wanita, pasti mereka mempunyai ciri khas masing-masing walaupun pada dasarnya pakaian yang dipakai terdiri dari jenis yang sama. Orang yang bekerja di kantor yang mewah dan bertingkat-tingkat kebanyakan selalu memakai kemeja dan celana panjang kain. Namun bukan itu yang akan kita bahas melainkan trend jas kerja 2013.

Selama ini yang masyarakat tahu adalah para pria yang selalu menggunakan setelan ini untuk pergi ke kantor atau menghadiri acara resmi yang diharuskan untuk memakai busana tersebut. Busana ini selalu dilengkapi dengan kemeja lengan panjang, celana kain, dasi dan sepatu pantofel. Kemudian semakin berkembang desain busana ini namun ditujukan kepada kaum hawa. Tidak berbeda jauh dari pria, hanya saja sering diganti dengan jaket, blazer atau rompi. Memang modelnya lebih bervariasi. 

Jika kita berbicara tentang kualitas dan kenyamanan, sama seperti pakaian lainnya. Jika dibuat menggunakan bahan yang nyaman dan halus maka harganyanya pun akan semakin tinggi, begitu sebaliknya. Saat ini ada yang harganya mencapai ratusan juta rupiah karena dijahit dengan menggunakan benang emas. Baju ini bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar atau toko khusus. Namun sebagian orang lebih suka untuk membeli baha saja dan menjahitkannya di penjahit langganan karena ukurannya bisa lebih pas di badan.  

Trend jas kerja 2013 ini tentunya sudah lebih modern. Yang paling terlihat dari segi warna. Dulu busana ini kebanyakan tersedia dalam warna gelap seperti hitam, biru, abu-abu atau coklat. Ada beberapa yang dibuat dengan warna terang tapi hanya sedikit saja yang mau memakainya. Panjang busana ini biasanya tidak terlalu panjang. Saat ini mulai muncul desain yang lebih panjang sampai ke lutut baik bagi wanita atau pria. Bagi pria desain seperti ini lebih populer di negara 4 musim dan berfungsi juga sebagai penghangat tubuh.

Untuk wanita model panjang ini mulai populer di kalangan para artis. Warnanya pun dibuat lebih berani seperti pink dan merah. Ada yang dilengkapi dengan aksesori seperti manik-manik atau payet sehingga membuat tampilannya tampak lebih mewah. Bahan yang digunakan pun bermacam-macam. Kain yang memberi kesan mengkilap akan membuat busana ini menjadi lebih hidup. Untuk dalamannya dipilih warna-warna ngejreng seperti oranye dan ungu. Kemudian kita memakai jas ini dengan kancing yang terbuka semua sehingga warna busana di dalamnya terlihat dengan jelas. 

Bagian lengannya pun mengalami sedikit modifikasi, kini banyak dibuat yang ukurannya sepanjang siku atau sedikit berada di bawahnya. Sedangkan desain untuk laki-laki masih menggunakan lengan panjang, hanya warna dan motifnya saja yang dikembangkan seperti warna biru terang dikombinasi dengan motif garis vertikal. Kita bisa memakainya bersama celana jeans hijau dan kaos oranye, tentu kita harus melihat jenis warna yang paling pas. Misalnya warna hijau saja terdiri dari beberapa macam, seperti hijau pupus dan tosca. Semua itu perlu dipikirkan secara matang.

Dulu busana ini memang hanya dipasangkan dengan celana kain saja. Bahkan motif atas dan bawahnya sama persis. Pada busana wanita, model panjang selutut ini bisa dikombinasikan dengan celana yang panjangnya tepat di tengah betis. Kemudian anda tinggal menyesuaikan perpaduan warnanya. Misalkan anda memakai kaos putih sebagai dalaman dan luarnya berwarna pink berkerah lebar dengan panjang sampai ke lutut sedangkan lengannya di bawah siku. Dihiasi dengan payet-payet membentuk bunga di beberapa bagian dan satu kancing di bagian atas.  Kemudian bawahannya memakai celana tanggung berwarna ungu. Sebagai pelengkap gunakan high heels, dompet dan anting yang berwarna silver. Perpaduan ini sangat sempurna untuk pergi ke acara formal ataupun non formal, bahkan untuk ke kantor.

Namun beberapa desainer berpendapat bahwa pakain yang sedang kita bicarakan ini dengan modelnya yang panjang lebih cocok jika dipakai oleh orang yang postur tubuhnya tidak terlalu gemuk. Karena beberapa rancangannya memang didesain supaya dapat memperjelas bentuk tubuh, jadi jika tubuhnya gendut tidak enak untuk dilihat.

Trend jas kerja di tahun 2013 ini memang lebih beragam, sehingga kita juga memiliki lebih banyak pilihan. Warna-warna cerah yang digunakan juga membuat kita akan tampil lebih cerah dan bertema ceria. Bagi yang tidak suka warna ini tetap bisa memakai warna lain yang menjadi favoritnya.

1 comment: