Monday, April 22, 2013

Hari Kartini



Setiap tanggal 21 April bangsa kita selalu memperingati hari kartini. Beliau adalah seorang pahlawan nasional yang telah berhasil memperjuangkan hak-hak wanita sehingga saat ini tidak ada perbedaan derajat antara laki-laki dan wanita, semuanya memiliki tempat yang sama dalam berbagai bidang. Perjuangannya yang sangat berani inilah yang membuat dirinya dijadikan sebagai seorang pahlawan.
Beliau lahir di Rembang pada tanggal 21 April tahun 1879. Tanggal lahir ini kemudian dijadikan sebagai hari besarnya oleh Presiden Soekarno. Seluruh saudaranya berjumah sebelas orang. Ayahnya bernama Raden Mas Sosroningrat dan sang ibu bernama M.A Ngasirah.

Momen ini selalu dirayakan setiap tahunnya oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak sekolah sampai para pegawai kantoran. Pasti ada makna tersendiri dibalik kegiatan ini dan tentunya terselip tujuan khusus yang ingin disampaikan melalui berbagai aktivitas yang sengaja diadakan pada hari besar itu. Kegiatan yang banyak kita lihat antara lain fashion show, pidato, lomba masak, lomba merias wajah dan sebagainya. Menariknya, tidak hanya perempuan saja yang dilibatkan dalam berbagai acara ini. Pria pun boleh terlibat.

Ada contoh kegiatan yang menarik, setiap tahun anak-anak TK juga mengikuti peragaan busana yang diadakan oleh guru mereka. Biasanya, murid perempuan akan diminta untuk berdandan memakai pakaian adat dari suatu daerah, demikian juga dengan anak putra. Jadi, tidak dibedakan. Semuanya harus ikut serta. Pada intinya para guru ingin memperkenalkan pakaian adat yang ada di Indonesia, mereka menunjukkan bahwa Indonesia sangat kaya budaya dan mereka harus ikut melestarikannya.
Begitu juga dengan murid SD, SMP dan SMA. Sekolah mereka pasti akan mengadakan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan momen istimewa ini. Para mahasiswa pun banyak yang merancang  acara khusus untuk merayakannya. Kebanyakan dari mereka akan membuat peragaan busana yang pastinya tidak lepas dari kebaya. 

Kebaya yang dipakai untuk memperingati hari hari kartini bisa bermacam-macam, kita bisa memakai kebaya modern atau kebaya tradisional tergantung pada ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah. Ada beberapa sekolah yang mengharuskan untuk mengenakan model tradisional supaya para siswa benar-benar paham busana asli yang dulu selalu digunakan. Ini juga bertujuan supaya mereka tidak lupa akan busaya bangsa sendiri dan hanya mengikuti mode yang sedang trend pada masa kini.

Perlengkapan busana kebaya tradisional yang masih bisa kita temukan antara lain terdiri dari :
  • Kebaya
Busana kebaya tradisional berarti dibuat semirip mungkin dengan yang dipakai pada zaman dulu. Sehingga tidak terlalu banyak hiasan yang digunakan. Desainnya pun sangat sederhana, tidak seperti yang dirancang oleh para desainer saat ini. Untuk mendapatkannya kita masih bisa menyewanya di salon atau tempat yang menerima rias pengantin. Walaupun tradisional namun tetap tersedia dengan berbagai warna, kita bisa memilihnya sesuai dengan keinginan.
  • Kain panjang
Saat ini sudah banyak kain panjang yang diubah menjadi rok, sehingga lebih mudah dan cepat dalam pemakaiannya. Jika tidak ingin meninggalkan kesan historisnya, maka kenakanlah kain ini seperti cara yang dipakai oleh wanita zaman dulu, yaitu dengan melilitkannya pada tubuh sambil diatur sedemikian rupa supaya rapi, kemudian menggunakan stagen di bagian pinggang sampai perut supaya kencang, tidak mudah lepas, punggung kita pun menjadi lebih tegak. Cara ini masih dipakai pada pengantin yang menggunakan adat jawa.
  • Sanggul
Sekarang kita banyak menemukan model sanggul beraneka macam. Model yang saat ini banyak digunakan adalah sanggul modern, karena sanggulnya berukuran kecil dan ringan, membuat orang nyaman untuk memakainya. Contohnya seperti sanggul yang dipakai saat wisuda. Kalau untuk busana kebaya tradisional maka yang pasangannya yang sesuai adalah sanggul tradisional juga. Memang resikonya berat dan setelah selesai kita akan susah untuk menghilangkan hairspray yang melekat.
  • Sandal selop
Sandal ini berhubungan erat dengan model busana yang sedang kita bicarakan. Sandal selop ini juga sudah dilengkapi dengan hak tinggi, sehingga tetap trendy untuk dipakai. Pada pengantin biasanya desain sandalnya diseragamkan dengan kebaya, jadi sandal itu dibuat dengan kain yang sama yang digunakan untuk membuat baju kebaya.
  • Make-up
Untuk menyempurnakan tampilan di momen spesial ini, kita pasti membutuhkan riasan, sesuaikan warna riasan dengan busana yang dipakai. Tidak perlu terlalu tebal karena momennya bukan untuk acara pernikahan.

Hari kartini memang banyak diperingati dengan menyelenggarakan acara fashion show. Maksudnya supaya kita lebih memahami begutu banyak pakaian adat dan budaya yang kita miliki. Kita juga harus menjaganya jangan sampai direbut oleh negara lain.

No comments:

Post a Comment