Monday, April 15, 2013

Sovenir dari Handuk



Kata handuk kita dapatkan dari bahasa Belanda “handdoek”. Sejak kita dilahirkan sampai kita tua selalu memerlukannya di kehidupan sehari-hari. Setelah kita menyentuh air dan anggota badan kita basah pasti akan segera mencarinya. Benda ini populer di setiap waktu karena sangat efektif untuk menyerap cairan. 

Saat ini sudah tersedia dalam berbagai bentuk, jenis dan ukuran. Dari segi ukuran ada yang berukuran kecil dan disebut dengan serbet, ada yang berukuran sedang, ada juga yang besar sehingga bisa menutupi seluruh badan. Tentunya semakin besar ukurannya dan semakin baik kualitasnya pasti harganya akan semakin tinggi. 

Untuk bentuk yang paling banyak kita temui adalah persegi panjang dan kotak atau persegi sedangkan bentuk yang lain masih jarang kita temukan.
Dari jenis dan kegunaannya dibagi menjadi tiga :

  • Untuk mandi. 
Tentunya kalian sudah tahu, sehabis mandi pasti tubuh kita basah kuyup. Untuk mengeringkannya kita memerlukan benda yang mudah menyerap air. Maka dipilihlah kain ini.

  • Untuk di pantai. 
Bisa dipakai ketika kita ingin berbaring di atas pasir sebagai alas supaya tidak kotor. Ukurannya juga lebih besar daripada yang digunakan untuk mandi.
  • Untuk mengeringkan tangan. 
Ukurannya jauh lebih kecil dari yang digunakan untuk mandi. Bisa juga disebut dengan serbet. Biasanya memang dikhususkan untuk mengelap atau mengeringkan tangan setelah terkena air. 

Kini fungsinya mulai bertambah yaitu dibuat menjadi sovenir. Sovenir dari handuk terinspirasi dari warnanya yang begitu bermacam-macam. Motif dan coraknya pun sangat menarik perhatian. Oleh sebab itu orang-orang mulai memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan. Selain untuk acara pernikahan juga bisa digunakan untuk hadiah ulang tahun dan sebagainya.

Nah, kali ini kami ingin berbagi dua cara untuk membuat hiasan dari bahan ini.
Yang pertama adalah bentuk bunga. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah, handuk kecil, Koran bekas, benang, gunting, dan manik-manik dan lem. Caranya :
  • Gelar handuk di atas meja. 
  • Remas Koran sampai berbentuk gumpalan kemudian letakkan di tengah kain dan ikat dengan menggunakan benang. 
  • Kemudian ikat setiap sisi hingga membentuk kelopak. Setelah semua terbentuk, Tarik dan tekuk setiap kelopak ke arah bawah. 
  • Supaya lebih sempurna tempelkan manik-manik di pusat bunga dengan menggunakan lem.
Berikutnya adalah bentuk cupcake. Sederhana saja, 
  • pertama lipat serbet menjadi dua, teruskan melipat sampai ukurannya kecil. 
  • Kemudian gulung dari satu ujung ke ujung lainnya, bentuk mirip cupcake dan gunakan jarum pentul supaya bentuknya tidak berubah. 
  • Anda bisa menambahkan hiasan sesuai dengan keinginan. 
  • Masukkan ke dalam wadah cupcake.
Membuat souvenir dari handuk bisa dikerjakan oleh siapa saja. Hanya butuh sedikit ketrampilan untuk mewujudkannya. Masih banyak variasi cindera mata yang bisa dibuat dari bahan ini. Silakan cari lewat internet ya..

No comments:

Post a Comment