Saturday, April 27, 2013

Memilih Busana Pesta



Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti sering mendapatkan undangan untuk datang ke suatu acara, entah itu pernikahan, ulang tahun, atau syukuran. Tidak mungkin kan kalau kita datang hanya dengan baju yang biasa kita pakai di rumah? Pasti terdapat perbedaan antara pakaian santai dan bukan. Untuk itu, pasti anda butuh beberapa tips sederhana untuk memilih busana pesta.

Hal pertama yang harus anda pikirkan adalah sifat acara itu. Resmi atau tidak. Dengan begitu kita bisa menyesuaikan jenis baju yang akan dipakai. Acara resmi seperti pernikahan dan wisuda, biasanya sangat cocok jika memakai kebaya dan kain panjang, atau batik. Batik juga bisa dipakai pada acara yang bersifat semiformal atau non formal. Tergantung modelnya.

Anda juga sebaiknya mengetahui tempat pelaksanaan momen itu. Kalau dilaksanakan di lapangan terbuka atau kebun dan pada malam hari, hendaknya kita pilih gaun malam yang anggun dan menawn ketika terkena cahaya lampu. Sebaliknya jika tempatnya di lapangan namun pada siang hari kita bisa memakai warna-warna cerah supaya tampak ceria dan energik. Lihat juga materialnya, pastikan bahannya tidak tebal dan bisa menyerap keringat sehingga nyaman dipakai walaupun acaranya cukup lama. Perhatikan juga sepatumu, hak tinggi dengan ujung yang runcing tidak disarankan di sini karena bisa masuk ke tanah atau rumput dan membuat jalan anda menjadi susah.

Untuk momen besar yang dirayakan di dalam ruangan, rasanya kita menjadi lebih bebas untuk berekspresi. Tidak terbatas pada siang atau malam hari karena kita terlindung oleh atap. Yang perlu dipikirkan adalah warna baju. Warna terang untuk siang hari, warna kalem dan cenderung gelap pada malam hari. Tapi bukan berarti tidak boleh memakai warna favorit anda, kombinasi warna bisa menjadi solusi yang sangat tepat. Sepatu tinggi model apapun bisa anda gunakan tapi harus tetap disesuaikan dengan bentuk kaki dan gaun anda.

Setelah undangan sampai di tempat anda, segera tentukan anda akan akan memilih busana pesta dengan membelinya di toko atau menjahitkannya di penjahit. Mungkin beberapa orang lebih suka menjahitkan kain daripada harus membeli di toko, alasannya kita bisa membuat model sesuai dengan keinginan dan lebih pas di badan. Jika itu pilihan anda, maka perhatikan beberapa poin berikut :

Waktu. Apakah masih ada tenggang waktu yang cukup jika harus menjahitkannya ke penjahit langgananmu? Untuk itu langsung saja hubungi si penjahit, konsultasikan tentang keinginan anda untuk membuat baju dan sebutkan batas waktu yang anda inginkan, sehingga si penjahit bisa memperkirakan, dia sanggup menyelesaikannya atau tidak.

Kalau penjahit anda sanggup merampungkannya, maka segeralah pergi ke toko kain dan membeli bahan yang anda inginkan. Syukur-syukur kalau si penjahit memiliki toko kain sendiri, jadi anda tidak perlu repot mencarinya. Langsung antarkan kepada penjahit agar segera dikerjakan. Tentunya anda harus membicarakan desain yang anda inginkan dan minta juga saran dari si penjahit.

Setelah selang beberapa waktu, buat janji pada penjahit untuk mencoba baju tersebut. Selain untuk mengecek sejauh mana pengerjaannya, kita juga bisa melihat apakah sudah sesuai keinginan atau masih perlu perombakan di beberapa bagian. Jika masih diperlukan beberapa perbaikan, pastikan berapa waktu yang diperlukan sampai baju itu selesai dan bisa segera dipakai. Jangan sampai baju yang anda pakai belum jadi pada hari H.

Pada saat mencoba, anda harus benar-benar merasakan, apakah ukurannya sudah pas di badan anda, jangan sampai kelonggaran, terlalu sempit, kependekan atau terlalu panjang.  Apalagi pada kebaya dengan model press body. Jenis ini harus sangat pas dengan ukuran tubuh supaya bagus ketika dikenakan.

Perhatikan juga jenis kain yang anda jahitkan. Kalau kain tersebut sudah penuh dengan hiasan, maka kita tidak perlu menambahkan aksesori lain. Tapi jika cenderung polos, tanyakan pada penjahit, apa yang harus ditambahkan supaya terlihat lebih menarik. Jika dirasa perlu ditambahkan manik-manik atau payet, pasti si penjahit akan tahu berapa banyak yang harus dipasang dan di bagian apa saja. Pilihan lain adalah memasang renda atau bordir di bagian-bagian tertentu yang diperlukan. 

Setelah selesai proses menjahit, segera ambil baju anda. Jika masih ada waktu, sebaiknya anda cuci terlebih dahulu sebelum dipakai agar bersih sehingga nyaman dipakai. Pada kebaya brokat dengan penuh hiasan sebaiknya dicuci dengan dry clean supaya tidak merusaknya. Untuk menyimpannya lipat dengan rapi dan jangan digantung supaya model baju tidak berubah.

Memilih busana pesta memang tidak bisa sembarangan Karena sangat berpengaruh terhadap penampilan kita. Pasti tidak ada yang mau terlihat jelek di depan banyak orang yang sudah pasti mempersiapkan diri mereka dengan baik. Ini memang bukan ajang untuk pamer, namun kerapian dan keindahan juga tidak boleh diremehkan. Dari sini orang bisa menilai kepribadian kita.

No comments:

Post a Comment