Sunday, April 14, 2013

Topi dan macamnya



Topi.. siapa yang tidak tahu dan tidak kenal dengannya? Saya rasa semua orang di dunia ini pernah memilikinya. Kalau yang tidak punya yaa.. paling tidak pernah melihat deh… Beribu-ribu toko dan pasar di dunia juga menjualnya dengan berbagai ukuran dan harga. Tersedia dalam berbagai bentuk, dan ukuran yang disesuaikan pada usia konsumen. Ada yang dibuat khusus untuk bayi, anak-anak, untuk pria dan juga wanita. Penggunaannya juga bisa dibedakan sesuai dengan acara yang akan kita hadiri.

Kalau kita lihat dari kegiatan-kegiatan di sekitar kita, pasti akan ditemukan banyak jenis dan macam dari penutup kepala ini. Mulai dari bayi, para ibu memakaikannya pada bayi untuk melindungi dari dingin dan juga panas matahari. Di samping itu juga berfungsi sebagai pelengkap dalam penampilan. Bagi anak-anak sekolah, biasanya setiap upacara bendera mereka diwajibkan untuk memakainya. Pekerjaan-pekerjaan seperti pilot, polisi, tentara juga memiliki desain berbeda.

Jika diamati dari fungsinya, penutup kepala bertujuan untuk melindungi dari panas matahari yang langsung mengenai kulit kepala. Banyak orang yang suka memakainya ketika melakukan kegiatan di luar ruangan. Saat dipantai, di kebun atau sekedar berjalan-jelan. Dengan memakainya, Kulit kepala kita tidak terkena sengatan matahari secara langsung. Wajah kita pun juga ikut terlindungi. Memang saat ini sudah banyak dijual kosmetik yang bisa melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Kita tahu bahwa sinar UV yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan, pada kasus tertentu bisa memicu munculnya kanker kulit. Namun pada anak kecil penggunaan sunblock atau sunscreen belum dianjurkan, maka lebih baik menggunakan penutup kepala.

Topi memang bermacam-macam bentuk dan fungsinya. Yang paling banyak kita temukan di sekitar kita adalah jenis Baseball. Diberi nama baseball karena pada awalnya hanya dipakai oleh para pemain baseball. Seiring dengan berkembangnya waktu ternyata bentuk ini mulai digemari oeh masyarakat sehingga sangat populer. Banyak pabrik yang memproduksinya karena sangat laris di pasaran.

Berikutnya diberi nama baret. Bentuk ini biasanya dipakai okeh para tentara atau polisi. Namun 

pelukis, pekerja seni dan pekerjaan lain juga tertarik untuk mengkoleksinya. Banyak juga dikenal dengan jenis koboi. Kalau di film-film, penutup kepala ini diidentikkan dengan para penunggang kuda. Ada juga yang khusus dibuat untuk daerah-daerah yang bercuaca sangat dingin. Biasanya menggunakan bahan wol. Cara membuatnya pun ada yang dirajut dengan tangan. Untuk jenis ini biasanya ditambah dengan penutup telinga.

Ada juga yang diberi nama fedora dan bowler. Saat pergi ke pantai, para wanita juga suka untuk mengenakannya. Maka banyak juga yang menjualnya dalam berbagai bentuk. Di samping itu ada juga yang dibuat khusus sebagai atribut dalam tarian tradisional.

Bahan pembuatnya dari berbagai material yang bermacam-macam. Motif yang banyak digunakan adalah bentuk bunga, pemandangan, hewan, dan tokoh kartun. Untuk bahan kulit pasti dijual dengan harga yang lebih mahal dari lainnya. Ada juga yang khusus digunakan ketika orang-orang pergi ke sawah, ini disebut dengan caping. Bahan pembuatnya juga berbeda.

Itulah sedikit bahasan tentang macam topi yang setiap hari kita temukan di kehidupan. Sebenarnya masih banyak jenisnya yang tersebar di setiap negara di dunia.

No comments:

Post a Comment