Sunday, April 14, 2013

Tips Sebelum Membeli Sepatu Bayi




Sepatu bayi bagi para ibu yang baru saja melahirkan atau sedang hamil pasti menjadi satu barang yang dicari. Perkembangan pesat di dunia fashion selalu berubah setiap waktu, tidak ketinggalan pada fashion anak kecil dan bayi. Di pasaran mulai banyak bermunculan aksesoris-aksesoris yang ditujukan untuk baby. Apalagi ibu-ibu muda masa kini, pasti mereka ingin anaknya yang masih kecil itu berpenampilan menarik, bersaing dengan sang ibu.

Saat kita sedang berjalan-jalan di toko pasti akan menemukan alas kaki yang berbentuk mungil dan lucu. Berbagai warna, bentuk, dan ukuran disediakan untuk menarik minat para orang tua untuk membelinya. Tapi apakah anak yang baru lahir sudah memerlukannya? Pada dasarnya anak yang baru lahir kulitnya sangat halus dan sensitif jadi perlu perawatan yang lebih supaya kulit mereka tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu dibuatlah kaos kaki atau alas kaki yang bisa melindunginya.

Untuk baby yang baru saja dilahirkan, penghangat terbaik adalah kaos kaki yang dibuat dari bahan kain. Materialnya pun sebaiknya dipilih dari bahan yang benar-benar halus dan lembut. Setelah beberapa bulan, barulah kita bisa memakaikan baby shoes yang banyak dijual di pasaran. Tentunya kita juga tetap harus memilihnya dengan tepat.

Sepatu bayi bisa kita bedakan menjadi dua, untuk yang baru lahir dan yang kedua bagi yang baru bisa berjalan. Seperti penjelasan di atas, pre walker shoes fungsi utamanya untuk menghangatkan kaki, di samping itu anak kita juga bisa tampil lebih menarik. Sebaiknya tidak perlu memakaikannya ketika tidak sedang bepergian ke luar rumah atau menghadiri acara-acara tertentu. Di rumah cukup pakai kaos kaki saja ya bunda.. supaya kaki mereka lebih nyaman. Saya punya beberapa tips untuk memilihnya :
v  Pastikan material yang digunakan berasal dari bahan yang lembut dan halus supaya tidak melukai kaki.
v  Jangan lupa untuk mengukur ukuran kaki sebelum membeli. Jika terlalu sempit bisa mengganggu perkembangan jari dan bentuk kaki anak. Pasti juga tidak nyaman untuk dipakai. Jika terlalu besar akan mudah lepas, bisa saja jatuh di jalan kalau kita tidak tahu.
v  Pilih model yang sederhana saja, model yang terlalu aneh-aneh hanya akan menambah beban dan terasa berat di kaki yang mungil. Kasihan kan..
v  Pada usia ini biasanya ada shoe yang dibuat dari rajutan. Ini bisa kita pilih karena cukup lembut dan tidak lembab ketika dipakai.
v  Jangan lupa dicuci ya,, setelah dipakai, supaya tetap terjaga kebersihannya.

Selanjutnya untuk yang baru bisa berjalan, di sini fungsinya mulai meningkat yaitu supaya saat berjalan kakinya tetap aman dari benda-benda yang mungkin bisa melukainya. Pilihan bentuk dan modelnya pun sudah semakin bervariasi. Kita tetap harus cermat dan berhati-hati sebelum membeli. Simak Tips di bawah ini :
v  Jangan langsung tertarik dengan harga yang mahal karena belum tentu nyaman pada kaki si kecil
v  Cari yang berbahan lembut dan elastis supaya bisa menyesuaikan pergerakan kaki.
v  Pilih sol yang empuk, cek saja dengan menekuknya, kalau mudah ditekuk berarti nyaman untuk dipakai.
v  Pilih juga bagian alas sol yang tidak licin. Sebisa mungkin hindari sol dari plastik karena panas dan membuat lembab sehingga tidak baik bagi kulit.
v  Pilih yang mudah untuk dikenakan dan mudah untuk dilepas namun tidak mudah copot saat dipakai untuk berjalan.
v  Yang terpenting adalah perhatikan ukurannya. Jangan terlalu sempit atau terlalu kebesaran. Cari saja yang berukuran kira-kira 2cm lebihnya dari kaki si anak.

Bunda sebaiknya tidak perlu membeli shoe terlalu banyak karena mereka berkembang dengan sangat cepat. Kita cukup memilih satu atau dua sepatu dengan warna-warna yang netral supaya bisa dipakai untuk bermacam-macam warna baju. Sepatu bayi memang cukup penting namun kita tidak boleh asal demi kenyamanan buah hati. Pikirkan baik-baik sebelum berbelanja ya..

No comments:

Post a Comment