Sunday, April 28, 2013

Membeli Busana Pesta



Dalam suatu waktu terkadang kita bisa mendapatkan beberapa undangan sekaligus yang waktunya mungkin hanya berselang satu atau dua hari saja. Sedangkan jarak waktu antara datangnya undangan sampai hari H sangat sebentar. Maka anda pasti akan bergegas membuka lemari untuk mencari baju yang bisa digunakan untuk perdi ke sana. Setelah mendapat beberapa pilihan, ternyata sudah terlalu sempit dan hanya tersisa satu atau dua pasang. Itu juga tidak mungkin dipakai terus dalam 3 sampi 4 undangan kan, cara paling mudah adalah membeli busana untuk pesta.

Sebenarnya kita tidak perlu mengambil langkah ini jika waktunya masih cukup panjang. Kalau masalahnya kekecilan atau kelonggaran karena berat badan yang berubah-ubah, kita masih bisa pergi ke penjahit untuk permak baju. Bagi yang lebih suka langkah praktis pasti memilih pergi ke butik atau toko untuk mendapatkan yang baru dengan cara cepat.

Setelah sampai di toko langganan, anda pasti akan berkeliling untuk melihat-lihat pakaian yang kira-kira sesuai dengan keinginan. Ingat untuk memilih model yang sesuai dengan postur tubuh dan acara yang akan dihadiri. Lebih baik jika kita membawa teman untuk memberikan saran apakah model baju yang anda pilih sudah sesuai dengan diri anda.

Pada proses pemilihannya perhatikan beberapa hal berikut ini :

Yang paling utama adalah ukuran dan kenyamanan. Jangan pernah membeli busana pesta yang ukurannya tidak pas di badan. Ini akan mengganggu kenyamanan anda untuk bergerak. Percuma saja kalau kita hanya tertarik modelnya saja namun kurang panjang saat dipakai. Pasti tidak mau kan kalau jadi bahan cemoohan semua orang yang ada di sana? Kalau memang kurang pas, anda harus mencari desain lain.  
 
Di sana pasti disediakan kamar pas untuk mencoba pakaian yang anda suka. Setelah anda memakainya dan dirasa bagus, jangan langsung melepasnya lagi, coba untuk menggerakkan badan anda. Misalnya untuk duduk atau jongkok. Dengan  begini kita bisa tahu bagian mana yang mungkin masih terlalu sesak.

Angkat tangan anda ke atas dan ke samping. Perhatikan jahitan di bagian lengan. Kalau jahitannya tidak tepat akan terasa tidak nyaman ketika dipakai. Anda juga bisa mengetahui apakah baju itu terlalu sempit atau tidak, sehingga anda bisa memperkirakan apakah masih bisa bergerak secara leluasa atau tidak.
 
Putar badan anda di depan kaca untuk melihat bentuknya dari belakang. Perhatikan dengan lebih teliti apakah ada hiasan atau jahitan yang rusak atau kain yang lubang. 

Perhatikan juga setiap hal yang ada di gaun itu. Mungkin kancing yang tidak lengkap atau ritsleting yang rusak. Mungkin kita bisa komplain atau memintanya mengganti dengan yang baru. Jika tidak mungkin mereka bisa memperbaiki beberapa bagian yang rusak atau tidak lengkap tersebut. Biasanya mereka selalu menyediakan fasilitas ini untuk memuaskan pelanggan.

Pilih juga warna yang sesuai dengan keinginan anda. Jangan terpaku pada warna tertentu namun jangan juga melupakan beberapa saran yang perl diperhatikan.

Dalam membeli busana pesta memang tidak boleh sembarangan. Ketelitian dalam pemilihannya akan berpengaruh dalam kepuasan anda. Jangan sampai anda sudah membayarnya dengan harga yang mahal tapi ternyata terdapat beberapa kecacatan yang membuat anda menyesal.

1 comment: