Sunday, April 14, 2013

Cara Memilih dan Merawat Topi



Apakah anda adalah orang yang suka mengkoleksi topi? Atau hanya memiliki beberapa buah saja? Walaupun kita bukan orang yang termasuk suka untuk mengumpulkannya maka setidaknya kita harus tahu cara untuk merawatnya. Sebelum membelinya di toko, kita harus menyesuaikannya dengan bentuk wajah supaya cocok.

Ketika dalam proses pemilihan, carilah kaca terlebih dahulu untuk mengenali bantuk wajah kita.
  • Wajah dengan bentuk bulat
Untuk bentuk wajah biasanya kita temukan pada orang yang gemuk. Tapi tidak semua orang gemuk selalu berwajah bulat. Jika anda berwajah bulat, coba pilih desain yang tinggi. Desain yang tinggi akan menyamarkan bentuk bulatnya. Jenis fedora sesuai untuk anda.
  • ·         Muka dengan bentuk oval
Bergembiralah bagi kalian yang punya bentuk muka ini karena tidak perlu pusing memikirkan desain yang sesuai bagi bentuk wajahmu. Semua desain cocok untuk muka ini. Sehingga sangat mudah ketika akan membelinya.
  • ·         Muka panjang
Muka ini biasanya memiliki dagu yang panjang sehingga daerah pipi terlihat kurus. Untuk menyiasatinya, kita bisa memilih desain dengan bagian samping yang lebih lebar sedangkan bagian atasnya tidak tinggi.
  • ·         Wajah berbentuk kotak/wajik/diamond
Jenis baret atau baseball sangat cocok pada jenis muka ini. Bentuk muka ini juga sesuai untuk segala desain. Tapi hati-hati ketika memakai topi yang lebar di bagian pinggirnya karena bagian rahang terkesan sempit.

Yang paling penting dalam pemilihan model penutup kepala adalah kenyamanan. Percuma saja jika membeli dengan harga mahal dan desain yang unik tapi tidak nyaman untuk dikenakan. Di samping itu kita juga harus menyesuaikannya dengan baju yang kita pakai, jangan sampai bertabrakan dan menghasilkan penampilan yang kacau. Misalnya, kalau pergi ke pantai sangat tidak sesuai jika menggunakan baret.

Setelah mengetahui cara pemilihannya, bagaimana jika kita mencari tahu tentang cara perawatan topi (hat). Kalian pasti tidak mau kan kalau “hat” yang anda sayangi menjadi kotor, rusak atau bau? Kalau begitu silakan baca beberapa cara berikut ini :

Sebelum mulai membersihkan, kita harus tahu material yang dipakai untuk membuatnya. Ini perlu dilakukan karena masing-masing bahan mempunyai cara yang berbeda dalam cara pembersihannya. Beberapa di antaranya :
  • ·         Kain katun
Material ini paling banyak disukai. Selain mampu meyerap keringat, nyaman ketika dipakai dan  mudah untuk dibersihkan. Cukup gunakan sabun cuci dan air saja.
  • ·         Bahan wool
Bahan ini memiliki sikat khusus berbahan lembut yang tidak merusak wool. Kita bisa menggunakan sabun yang mengandung pelembut supaya benang-benang wool tetap halus dan tidak rusak.
  • ·         Material suede
Bahan jenis suede mempunyai sabun khusus untuk mencucinya. Sabun ini bisa kita temukan dengan mudah di pasaran. Kita juga harus menggunakan kain yang lembab pada saat membersihkannya.
  • ·         Anyaman
Jenis ini cukup dilap menggunakan kain yang kering. Kalau dibasahi malah akan merusak materialnya.

Pada umumnya, cara merawat penutup kepala adalah :
  • Jangan mencucinya bersama dengan pakaian atau barang lainnya. Cucilah dengan menggunakan tangan, tidak perlu menggunakan mesin karena dapat merusaknya.
  • Sebelum mulai membersihkan atau mencuci, pastikan tangan dalam keadaan bersih supaya kotoran tidak bertambah.
  • Tidak perlu menyikatnya terlalu keras karena bisa merusak bahan. Cara menyikatnya pun sebaiknya memutar. Jika tidak terlalu kotor, tidak perlu disikat.
  • Tidak boleh merendamnya dengan sabun pemutih dan air yang panas. Ini bisa merusak warnanya.
  •  Untuk membersihkan bekas keringat dan kotoran di bagian dalam, Gunakan kain yang telah dibasahi dan diberi sampo. Usap secara perlahan-lahan, jangan terlau kasar.
  •  Berhati-hatilah dalam proses pencucian supaya tidak merusak bentuknya.
  • Setelah selesai, tidak perlu memerasnya, cukup ditekan-tekan beberapa kali dan dijemur. Saat menjemurnya pun jangan terkena sinar matahari langsung.
  • Setelah kering, tidak perlu menyetrikanya
  • Simpan pada hanger khusus atau letakkan di dalam almari. Untuk mempertahankan bentuknya, kita bisa member plastic di dalamnya.

Memilih dan merawat topi adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh para penggemarnya. Agar lebih mudah, setelah kita memakainya langsung cek apakah ada noda atau kotoran yang menempel atau tidak. Jika cepat dibersihkan, maka penutup kepala anda pasti akan tetap awet.

No comments:

Post a Comment