Wednesday, April 17, 2013

Trik Memakai Ikat Pinggang



Ikat pinggang atau belt adalah benda yang bersifat fleksibel dan dibuat dari bahan kulit, kain dan semacamnya. Tujuan dari pembuatannya adalah untuk mengencangkan celana atau rok bawahan ke perut atau pinggang. Ketika badan kita yang semula padat dan berisi pada suatu waktu bisa saja menjadi lebih kurus. Peristiwa ini bisa berpengaruh terhadap pakaian kita. Pada celana atau rok, ukuran pinggang yang tadinya pas akan menjadi longgar alias mlorot, pasti tidak nyaman untuk dipakai. Apa kita harus langsung membeli yang baru?

Tentu saja tidak, memang terkadang berat badan bisa turun atau naik. Selang beberapa waktu mungkin saja berat badan akan kembali seperti semula. Sebagai solusinya gunakan saja sabuk untuk mengikat celana atau rok supaya tidak mudah mlorot, dengan benda ini kita akan sangat tertolong, tidak perlu membetulkan posisi celana setiap waktu. Dulu, orang Indonesia hanya menggunakannya sebagai hiasan saja. Banyak dipakai pada baju orang-orang militer. Lambat laun fungsinya mulai berkembang menjadi alat untuk mengencangkan baju bawahan.

Pada saat ini fungsinya sebagai hiasan juga masih diminati terutama para remaja. Mereka berpendapat bahwa dengan mengenakannya akan melengkapi penampilan dan membuatnya lebih menarik. Bagi kaum hawa ada juga beberapa trik untuk membuat tubuh kita terlihat lebih sempurna, maka saat ini banyak dijual belt dengan berbagai macam bentuk dan jenisnya. Harganya pun sangat beragam, semakin terkenal merknya pasti akan semakain tinggi harganya.

Untuk itu sebelum mencari ikat pinggang perhatikan beberapa penjelasan berikut yang dilengkapi dengan trik-trik penggunaannya.
  • Cocokkan dengan jenis baju yang akan dikenakan dan pilihlah warna yang tepat.
Atasan seperti blazer baik dipasangkan dengan sabuk berwarna kontras. Kalau pakaian anda berwarna cerah dan mencolok maka akan lebih bagus jika dikombinasikan dengan warna kalem atau gelap untuk menyeimbangkannya, begitu pula sebaliknya. Untuk gaun malam, pilihlah yang berbentuk mirip rantai. Ini membuat penampilan anda menjadi lebih mewah dan elegan. Ada beberapa gaun yang cocok dengan model yang sedikit lebar. Jangan lupa untuk memilih warna yang kontras namun tetap sesuai. Baju kebaya umumnya dilengkapi dengan jenis obi yang terbuat dari katun atau satin.

  • Pilihlah yang terbuat dari bahan yang nyaman
Bahan seperti kulit atau kain katun akan sangat nyaman untuk dipakai. Bahan kulit asli pasti akan awet sehingga tidak perlu sering-sering membeli yang baru. Jangan memilih yang terasa kaku saat dipegang, nanti bisa menimbulkan rasa sakit pada perut dan pinggang. Karena tujuannya untuk mengikat maka kenyamanan adalah hal yan perlu dipikirkan.

  • Sesuaikan dengan bentuk tubuh
Bagi yang memiliki tubuh besar dan berisi pada bagian perut dan pinggang. Gunakan sabuk agak sedikit ke atas dari perut. Ini bertujuan untuk menutupi bentuk tubuh yang terlalu gemuk. Tentu sebaiknya anda menggunakan bawahan rok yang tidak sempit. Pilih desain yang tidak terlalu lebar dan jangan memilih warna yang terang. Cara ini mampu membuat ketegasan di bagian dada anda.

Untuk badan yang kecil, pilih juga desain yang kecil dan tidak lebar. Jangan memilih warna yang kontras. Supaya tidak terlihat lebih pendek.

Bagi yang suka memakainya di bagian tengah perut atau pinggang, pilih yang berbentuk kecil di bagian depan supaya bentuk tubuh terlihat lebih bagus. Jangan suka memakai yang berbentuk ketat.
Nah, bagaimana dengan bentuk tubuh anda? Ikat pinggang mana yang sesuai?

No comments:

Post a Comment