Friday, April 26, 2013

Aneka Tempat Minum




Tempat minum adalah wadah yang biasa digunakan untuk membawa minuman ketika kita akan melakukan suatu aktivitas di luar rumah. Sering juga disebut dengan botol minuman. Bisa didapatkan dengan mudah di pasaran dengan aneka jenis, ukuran dan harga. Semua dapat disesuaikan dengan keinginan kita. Warna dan bentuknya menjadi daya tarik tersendiri sehingga orang tertarik untuk membelinya. Apalagi kalau dirancang dengan model yang lucu, pasti anak-anak akan suka.

Kalau anda memilih untuk membeli air mineral, maka tidak perlu membawa botol sendiri karena sudah dikemas di dalam botol dan tersedia dalam berbagai merek. Yang tidak tepat adalah ketika orang menggunakan botol bekasnya dan digunakan untuk wadah minuman kembali. Alasannya penghematan, tapi ini justru bisa menimbulkan penyakit berbahaya bagi diri anda sendiri karena wadah tersebut hanya dirancang untuk sekali pakai saja, bukan untuk isi ulang. Lihat saja kode angka dalam segitiga yang ada di bagian dasar botol. Berbeda dengan galon yang sengaja didesain khusus untuk isi ulang, bahan pembuat galonnya pun berbeda dengan botol biasa.

Pada botol yang banyak dijual di toko akan terdapat gambar sendok dan garpu di dalam segitiga, ini berarti dapat digunakan untuk berulang kali dan bisa digunakan untuk air mineral. Kalau kita melihat dari harganya memang sangat beragam, ada yang dijual dengan harga belasan, puluhan dan ratusan ribu, bahkan bisa mencapai 500000 rupiah per botol. 

Pasti sebagian orang berpikir, buat apa menghabiskan uang banyak hanya untuk membeli sebuah botol air? Kan Cuma botol,, kalau dicuci juga sudah bersih. Ini adalah pola pikir yang salah. Memang benar, setelah dicuci wadah itu menjadi bersih kembali dari bekas minuman yang tadi kita masukkan ke dalamnya. Namun tidak bisa menghilangkan zat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Zat tersebut berasal dari plastik atau bahan yang digunakan untuk membuat botol karena didapatkan dari hasil daur ulang. Karena merupakan proses daur ulang, sehingga dapat mengurangi biaya pembuatannya yang cukup mahal, sehingga harga jualnya pun murah.

Mungkin kembali muncul pikiran, “pasti sama saja antara botol yang murah dan yang mahal, penjelasan tentang zat bahaya hanya untuk menakut-nakuti supaya dagangan mereka laku”. Kalau semua orang berpikir seperti ini, perusahaan pembuatnya yang menggunakan bahan yang benar-benar sehat tidak akan laku. Mereka pasti punya penjelasan yang lebih detail mengenai pengaruhnya terhadap kesehatan.

Aneka tempat minum yang banyak kita temukan didesain dalam berbagai bentuk dan warna. Perbedaan jenis ini karena memang ditujukan pada pangsa pasar yang berbeda pula, seperti penjelasan berikut :
  • Anak-anak
Botol yang dirancang untuk anak kecil biasanya lebih bervariasi. Kita bisa melihat botol yang dibuat dalam bentuk telepon genggam. Si kecil bisa menggunakannya untuk bermain telpon-telponan. Ada yang berbentuk hewan, ada yang didesain biasa namun dihiasi dengan gambar-gambar yang lucu dan menarik.
  • Remaja dan dewasa
Untuk kategori ini tidak mungkin memakai bentuk yang bergambar binatang atau mainan. Maka dibuatlah model lainnya, kita bisa menyesuaikannya dengan kegiatan yang akan kita lakukan. Misalnya, saat berolahraga, kita sebaiknya memilih wadah yang berbentuk botol denganpenutup yang diputar, supaya lebih kencang dan tidak mudah tumpah. Desain ini lebih sporty dan cocok untuk pria maupun wanita, kita bisa memilih warna yang kita suka. 

Kalau sekedar untuk di dalam ruangan kantor, kita bisa memilih yang berbentuk seperti gelas dengan tutup di atasnya. Desain ini rasanya lebih sesuai untuk wanita.

Bagaimana cara merawatnya?
  • Jangan mencucinya menggunakan alat yang dapat merusak permukaan botol. 
  • Gunakan spon lembut supaya lebih aman. 
  • Untuk wadah yang bagian atasnya tidak bisa dibuka menyebabkan kita tidak bisa menjangkaunya dengan tangan, maka gunakanlah alat yang digunakan untuk mencuci botol. 
  • Untuk jenis ini hindari menggunakan sabun krim, gunakan saja sabun cair. Caranya masukkan sedikit sabun cair yang sudah dilarutkan dengan air terlebih dahulu, kemudian kocok-kocok beberapa saat. Gunakan alat pembersih botol kalau anda punya. Bilas sampai bersih.
Aneka tempat air minum memang membuat kita tertarik untuk memilikinya. Tapi kita juga perlu berhati-hati dalam pemilihannya. Jangan hanya tertari karena harganya yang murah, lebih baik sedikit mahal tapi tidak beresiko terhadap kesehatan anda dan keluarga.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment