Sunday, April 14, 2013

Bisnis Kain Perca




Kain perca yang selama ini jarang diperhatikan ternyata bisa mendatangkan penghasilan bagi orang yang bisa memanfaatkannya dengan baik. Sisa-sisa dari penjahit dulu dibuang begitu saja. Ada yang memakainya untuk lap atau serbet. Kemudian lama kelamaan orang-orang mulai mencarinya untuk didaur ulang.

Untuk yang bermotif batik biasanya dicari untuk membuat rok, tas, atau celana. Dalam pembuatan rok, hal pertama yang dilakukan adalah memboat pola. Setelah itu kita pasti akan bisa mengetahui berapa banyak jumlah bahan yang kita butuhkan. Sebaiknya terlebih dahulu kita harus memisahkan bahan yang berkualitas baik dan buruk. Lalu kita tentukan pola yang akan dibentuk pada bahan yang kita miliki. Apakah berbentuk kotak, bulat, lingkaran, segitiga, atau tidak beraturan. Semua itu harus dipikirkan secara matang. Setelah terkumpul semua, barulah dimulai proses menjahit sampai selesai.

Selain rok, anda bisa membuat keset. Untuk membuat keset sebaiknya pilih bahan yang mudah menyerap air karena tujuan dibuatnya adalah untuk membersihkan kaki yang kotor. Yang banyak kita jumpai, keset dari bahan sisa ini dibentuk dengan pola yang berbentuk segitiga. Mereka membuatnya dalam jumlah banyak kemudian disusun membentuk keset.

Setelah semakin ngetrend, muncullah ide untuk membuat sarung bantal dan sprei. Untuk model ini pastilah dipilih bahan yang halus dan nyaman digunakan untuk tidur. Ukurannya pun disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Para produsen berusaha untuk membuatnya semenarik mungkin agar hasilnya tidak kalah dari sprei produksi toko pada umumnya.

Produksi kain perca mulai merambah ke barang-barang yang digunakan sebagai souvenir pernikahan. Contohnya seperti dompet hp dan bros. Beberapa pengusaha mulai mencoba membuat mukena dan sajadah dari sini. Banyak dari mereka yang membuat mukena unik dan lucu, dan pasarannya ditujukan untuk anak kecil. Mereka membuat desain binatang, tumbuhan, kartun yang dipadukan dengan warna yang disukai anak-anak.

Peluang bisnis ini memang mulai banyak diminati. Awalnya mereka akan mencari orang atau perusahaan yang bisa memasok bahan utama yang dibutuhkan. Kemudian mereka mencari ide yang menarik. Selanjutnya mereka mencari peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi. Yang harus dilakukan adalah selalu mencari pengetahuan dan kreasi baru dari berbagai sumber untuk mengembangkan usaha tersebut.

Pada setiap usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah biaya produksi yang lebih murah daripada di pabrik. Apalagi jika anda pandai menjalin kerjasama dengan pemasok bahan baku yang anda butuhkan, langkah ini bisa semakin menghemat biaya produksi.
Kekurangannya dalah semakin terkenalnya bisnis ini membuat banyak orang menginginkannya. Ini berarti bahwa saingannya semakin banyak. Untuk itu perlu cara-cara khusus untuk memajukan usaha yang anda bina.

Bisnis kain perca dewasa ini memang sangat menjanjikan. Untuk membuat usaha ini anda harus benar-benar memperhatikan segala aspek yang dapat mempengaruhinya.

No comments:

Post a Comment