Monday, April 15, 2013

Lebih Mengenal Tas Kresek



Tas kresek adalah katong serbaguna yang kita gunakan untuk membawa beberapa barang saat bepergian. Ini sangat dekat hubungannya dengan kehidupan kita. Setiap harinya tiap orang menggunakannya untuk berbagai aktivitas. Tidak mengenal pejabat sampai orang pinggiran akan membutuhkannya untuk berbagai keperluan. Mungkin tidak banyak yang tertarik untuk membicarakannya. Tapi tidak ada salahnya kalau kita ingin mengenalnya lebih dekat.

Kantong ini sangat disukai karena praktis sekali untuk digunakan. Hampir setiap profesi membutuhkannya setiap waktu. Di pasar, kegiatan jual beli selalu membutuhkannya untuk membawa barang belanjaan. Di apotek atau rumah sakit, dipakai untuk membawa obat yang dibeli supaya tidak tercecer. Bahkan orang-orang mulai menggunakannya untuk membuang sampah. Mereka menyediakan beberapa kantong untuk memisahkan sampah kering dan sampah basah. Yang bisa didaur ulang dan yang tidak. Ketika naik kendaraan dan melakukan perjalanan jauh, orang-orang yang suka mabuk perjalanan sudah menyiapkannya untuk muntah. Hiiii…

Jangan salah, meskipun terkadang dipakai untuk wadah barang-barang yang menjijikkan tapi kantong ini juga memiliki gayanya sendiri.
  • Mulai dari ukurannya. 
Tersedia mulai dari yang sangat besar, besar, sedang, kecil dan sangat kecil. Ketebalannya pun ada ukurannya lho.
  • warna. 
Warna yang sangat mudah kita jumpai di sini adalah warna hitam, putih, merah, krem, biru dan hijau. Sedangkan untuk motifnya yang paling banyak adalah motif garis-garis secara vertical dengan warna putih dan hitam. Mungkin dalam perkembangannya akan ada motif bintik-bintik atau polkadot. Hehehe. Dari sini sudah bisa kita lihat bahwa sebenarnya pabrik asalnya juga sudah memikirkan desainnya supaya menarik ketika ditenteng.
  • Sebagai media promosi. 
Saat ini sudah banyak toko atau rumah sakit dan apotek yang menggunakan tas kresek sebagai alat untuk promosi. Caranya, mereka cukup memesannya pada pabrik pembuatnya untuk menambahkan nama toko dan alamatnya pada kantong tersebut. Dengan begitu pelanggan akan mudah mengingat nama toko itu dan diharapkan akan datang kembali untuk berbelanja.

Tapi kemudian diketahui bahwa kantong ini apalagi yang berwarna hitam mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Kita tahu bahwa bahan utama yang digunakan dalam pembuatan kantong ini adalah minyak mentah. Selanjutnya ini bisa dihasilkan dari proses daur ulang. Namanya saja daur ulang, berarti sudah pernah digunakan sebelumnya. Kita tidak tahu apakah sebelumnya digunakan untuk wadah barang yang bersih atau kotor, beracun atau tidak. Inilah alasan kenapa kantong ini mengandung zat yang dapat membahayakan kesehatan. Maka sangat tidak dianjurkan untuk menggunakannya untuk mewadahi makanan secara langsung.

Ada beberapa kode yang perlu kita ketahui berkaitan dengan kantong ini.

Kode 01 di dalam gambar segitiga = bisa untuk didaur ulang. Mengandung polietilen tereftalat.

Kode 02 = High Density Polyethylene, mudah diberi warna dan dibentuk, tahan terhadap beberapa bahan kimia.

Kode 03= polivinil klorida, Kantong ini yang paling berbahaya karena dapat menimbulkan penyakit kanker.

Kode 04 = low density polyethylene, cahaya tidak bisa masuk dan gampang dalam pemrosesannya.

Kode 05 = polipropilen, permukaanya mengandung lilin, cahaya dapat tembus meskipun tidak jernih.

Kode 06 = polistiren busa atau polistiren. Bersifat ringan dan sangat jernih. Lebih kita kenal dengan nama Styrofoam. 

Kode 07 = polikarbonat, bersifat tahan panas 

Melamin formaldehid. Tidak berbau dan tidak berasa, kuat dan mudah untuk diberi warna. 

Berdasarkan kode di atas, tas kresek yang baik untuk membungkus makanan adalah kode nomor 02, 04, 05. Dengan mengenalnya lebih dekat, kita akan lebih tahu mana yang lebih aman.

No comments:

Post a Comment