Monday, April 15, 2013

Memilih Sovenir Pernikahan



Menikah, setiap orang yang sudah dewasa pasti mempunyai keinginan untuk menikah dan berkeluarga. Ini identik dengan sebuah pesta atau tasyakuran. Di sini orang akan mencari souvenir pernikahan atau yang ngetrend disebut wedding favor. Ini  juga sekaligus melambangkan rasa terima kasih kepada para tamu undangan yang telah bersedia hadir.

Cinderamata ini jenisnya sangat banyak, kita bisa memesannya di toko yang menerima pesanan cinderamata. Kita bisa memilih yang harganya sesuai dengan budget kita. Macam cinderamata ini antara lain:
  • Kipas. 
Sudah sering digunakan dari zaman dahulu sampai sekarang.  Ada yang berukuran besar ada juga yang kecil. Kipas mini yang hanya digunakan sebagai pajangan juga tersedia.
  • Lilin hias. 
Lilin berwarna-warni dengan berbagai bentuk yang unik. Dikemas di dalam plastic bening dan diberi pita. Menarik kan? Lilin ini tidak hanya sekedar pajangan, bisa dinyalakan ketika listrik di rumah sedang padam.

  • Bingkai foto dan buku catatan mini. 
Bisa digunakan untuk memasang foto atau mencatat hal-hal penting.  
  • Gantungan kunci. 
Dibuat dari berbagai macam bahan. Bisa dipilih sesuai dengan keinginan.
  • Bros. 
Mulai banyak diminati. Dengan bentuk yang unik dan ringan, mudah untuk dibawa. Bisa dipakai sebagai hiasan baju atau jilbab.

Masih banyak jenis lain yang bisa digunakan untuk dijadikan sebagai cinderamata, contohnya saja : gantungan baju, gerabah, hiasan keramik dan gelas unik.



Sebelum memesan sovenir pernikahan, ada baiknya anda membaca penjelasan berikut :

  • Sesuaikan cinderamata dengan tema pesta. 
Misalnya dari segi warna. Kalau anda memilih tema dengan warna hijau, pilih cinderamata yang mengandung warna hijau. Tujuannya supaya tercipta keserasian antara keduanya.
  • Pilih ukuran yang sesuai. 
Ukuran wedding favor sebaiknya harus dipikirkan secara matang. Anda pasti tidak mau kalau melihat para tamu kerepotan membawanya sambil makan? Maka banyak orang yang lebih memilih ukuran yang kecil sehigga bisa dikantongi atau dimasukkan ke dalam tas yang mereka bawa. Kalaupun memang ukurannya cukup besar, sekarang sudah dibuat cara dengan sistem kupon untuk menukarkannya dengan cinderamata sebelum pulang.
  • Melihat fungsinya. 
Cinderamata yang bisa bermanfaat akan lebih disukai oleh para tamu. Kalau berbentuk hiasan saja kebanyakan hanya akan dibuang pada akhirnya. Tentu kita akan kecewa kalau tidak sengaja melihatnya di tempat sampah. Lain hanya seperti pemotong kuku. Bisa digunakan terus untuk memotong kuku. Mereka juga bisa mengingat bahwa itu adalah kenang-kenangan dari pesta anda.

  • Jumlah cinderamata. 
Ini juga sering membuat para tamu kecewa jika ternyata mereka tidak bisa mendapatkannya karena habis. Sebenarnya pasti anda juga sudah memikirkan berapa banyak yang akan anda pesan tapi sudah habis terlebih dahulu karena satu pasangan yang datang bisa meminta beberapa buah sekaligus dengan alasan anaknya lebih dari satu. Hal seperti ini bisa dicegah dengan mengatakan bahwa satu undangan berlaku untuk satu buah kenang-kenangan. Atau anda bisa menggunakan kupon sebagai tanda buktinya. Kalau anda tidak suka dengan cara ini otomatis anda harus menyediakan jumlah cinderamata sebanyak beberapa kali lipat dari jumlah yang undangan yang akan hadir. Cara ini pasti memerlukan biaya yang lebih dari yang sudah annda perkirakan. Atau anda malah memilih untuk tidak menggunakan cinderamata sama sekali.

Kita bisa memilih sovenir pernikahan dengan harga yang terjangkau. Tidak perlu mahal, asalkan bermanfaat pasti akan disimpan di rumah. Bahan yang digunakan untuk membuatnya akan sangat mempengaruhi harga cinderamata ini. Maka dari itu, pintar-pintarlah memilihnya. Carilah informasi dari teman, saudara, majalah, buku atau internet supaya anda mendapatkan banyak pilihan.

No comments:

Post a Comment