Tuesday, April 30, 2013

Cara Menyemir Sepatu agar Kinclong



Ketika akan berangkat ke kantor atau pergi ke sebuah acara dan mengharuskan untuk memakai alas kaki tertutup mungkin akan sedikit mengesalkan jika ternyata koleksi yang anda miliki tampak kusam dan tidak mengkilap. Tentunya anda akan malu bertemu dengan teman kantor atau rekan bisnis dan merasa tidak percaya diri. Maka anda perlu membaca cara menyemir sepatu agar kinclong.

Ini tidak hanya terjadi pada pria saja, namun juga sering terjadi pada wanita. Jangan anda pikir karena model yang ditujukan untuk wanita kebanyakan high heels maka tidak perlu untuk merawatnya, justru high heels malah membutuhkan perawatan yang ekstra daripada model lainnya. Apapun model alas kaki yang anda miliki, tetap harus anda perhatikan supaya tetap awet dan siap dipakai di setiap waktu.

Untuk alas kaki yang berbahan kulit asli, metode ini memang sangat tepat untuk membuatnya tampak mewah. Kalau anda ingin mengetahui bahan tersebut terbuat dari kulit asli atau tidak, caranya mudah. Pertama anda bisa mengenal dari baunya. Bahan yang asli akan berbau mirip seperti kulit hewan sungguhan sedangkan yang tiruan tidak berbau seperti itu. Cara lain yang sedikit ekstrim yaitu menggunakan korek api. Kalau permukaan kulit dipanaskan sebentar dengan api dan tidak mudah mengeluntung, maka itu pertanda bahwa barang tersebut dibuat dari bahan yang asli.

Ada dua macam jenis semir yang biasa kita gunakan untuk menyemir alas kaki, yaitu bentuk padat   atau pasta dan cair. Sebagian orang lebih suka menggunakan yang berbentuk  padat karena menurut mereka minyak yang terdapat di dalamnya bisa membuat alas kaki menjadi tidak terlalu kaku sehingga tidak membuat kaki terasa sakit. Berikut ini adalah cara menyemir sepatu agar kinclong :
Peralatan yang dibutuhkan antara lain : sikat, semir dan kain flannel, kain lap, alas kaki yang akan dipakai.

Kemudian ikuti langkah berikut :
  • Bersihkan alas kaki yang yang akan dipakai menggunakan sikat. Supaya semua debu dan kotoran yang menempel dapat hilang. Jika terdapat bagian tertentu yang tidak bisa dibersihkan menggunakan sikat, gunakan kain lap. Jika terdapat sedikit noda yang agak susah hilang, basahi sedikit kain lap kemudian gunakan untuk mebersihkan. Setelah bersih, segera keringkan dengan bagian lap yang tidak basah.
  • Sikat kembali, namun kali ini sikat sudah diberi semir. Sikat sampai merata ke seluruh bagian, jangan sampai ada yang terlewatkan dan jangan menggosoknya terlalu kasar. Semir yang dipakai tidak perlu terlalu banyak karena malah membuat debu mudah menempel.
  • Cara menyikatnya, masukkan 4 jari tangan kiri anda ke dalam alas kaki sedangkan ibu jari tetap berada di luar. Lekukan antara telunjuk dan ibu jari ini digunakan untuk menahan alas kaki itu dan mengubah-ubah posisinya. Gunakan tangan kanan untuk menyikatnya, anda bisa menyikatnya secara searah atau berlawanan arah (bolak-balik).
  • Setelah semua rata, diamkan beberapa saat sampai kering supaya semir dapat benar-benar menempel. Anda juga bisa mengangin-anginkannya atau menjemurnya. Kalau memilih untuk dijemur, jangan terlalu lama. Jika cuaca sangat panas, terkadang akan muncul minyak,  anda bisa meratakannya menggunakan kain lap. Minyak ini dipercaya membuat alas kaki tersebut tidak kaku.
  • Setelah kering, sikat kembali dengan menggunakan sikat namun tanpa semir. Langkah ini bertujuan untuk meratakan bagian-bagian yang mungkin belum rata. Ingatlah untuk tidak menyikat terlalu keras.
  • Selanjutnya lap seluruh bagian alas kaki tersebut dengan kain flannel. Lap sampai terlihat mengkilap dan halus.
  • Simpan semua peralatan dan kembalikan ke tempat semula dan cuci tangan anda menggunakan sabun.
Jika anda berhasil, alas kaki anda akan terasa halus dan tidak banyak meninggalkan bekas semir ketika disentuh. Tentunya akan terlihat sangat mengkilap. Jika anda memilih menggunakan yang berbentuk cair, sebaiknya anda mengoleskannya secara searah. Langkah-langkah dalam pengerjaannya sama dengan yang berbentuk padat.

Cara menyemir sepatu agar kinclong ini jika dipraktekkan mungkin hasilnya tidak sama, tergantung dengan ketelitian dan ketelatenan anda masing-masing. Selamat mencoba.

2 comments: