Tuesday, April 16, 2013

Baju Kebaya Anak



Pergi ke toko sambil berjalan-jalan dan mengamati model baju yang sedang ngetrend adalah hal yang paling menarik bagi para wanita. Dari remaja hingga dewasa umumnya menyukai kegiatan ini. Tidak selalu membeli, cukup melihat-lihat saja sudah cukup untuk membuat pikiran kita menjadi jernih kembali. Sebenarnya perkembangan dunia fashion ini tidak hanya terjadi pada pakaian dewasa saja. Demikian juga pada baju kebaya anak. 

Pakaian tradisional ini bukanlah sesuatu yang langka pada saat ini. Kita bisa memakainya pada berbagai acara. Busana ini banyak peminatnya karena bisa dipakai pada acara resmi ataupun tidak resmi. Ketika para ibu berdandan dengan hebohnya, pasti mereka juga akan memikirkan dandanan putrinya yang masih kecil. Ibu akan selalu berusaha agar si buah hati juga tampil cantik, sama seperti ibunya bahkan lebih cantik lagi. 

Selanjutnya akan timbul pemikiran tentang bagaimana cara untuk mendapatkannya. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini para desainer sudah membuat model yang dikhususkan untuk si kecil. Lihat saja di toko-toko yang menjual baju pesta, anda akan mudah menemukannya. Jika tidak ada waktu untuk mencarinya mungkin anda bisa menyewanya di salon. 

Karena ditujukan untuk si kecil, usahakan untuk mencari bahan yang tidak panas dan lembut ketika dipakai karena ada bahan yang bisa menimbulkan rasa gatal di kulit. Maka anda harus pandai-pandai dalam proses pemilihannya. Jika dirasa tidak nyaman, gantilah dengan yang lain walaupun model tersebut sudah anda sukai. Yang terpenting adalah ukurannya harus benar-benar pas pada tubuh mereka. Ukuran yang terlalu kecil membuat gerakannya menjadi terbatas sedangkan jika terlalu besar pasti sangat jelek ketika dilihat.

Baju kebaya anak yang sedang populer saat ini adalah model dengan motif dan corak yang sama dengan sang ibu (kembaran). Desain ini bisa menunjukkan kekompakan dan keunikan tersendiri. Selain itu bisa menjadi tanda, bahwa si kecil yang memakai pakaian yang seragam dengan anda berarti adalah buah hati anda. Tidak perlu pusing untuk mencari model yang kembar seperti ini. Di toko dan butik sangat mudah dijumpai model seperti ini. Kalau anda ingin lebih eksklusif maka datanglah kepada penjahit yang bisa membuat desain yang sama dengan milik anda. Dengan cara ini kita juga bisa membuat model sesuai dengan keinginan kita. Namun pasti membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses penjahitannya.

Jangan takut untuk menyamakan model pakaian si kecil dengan milik kita karena model mereka akan berkembang seiring dengan model pakaian dewasa. Hiasan yang bisa dipakai juga beraneka ragam. Mulai dari payet, manik-manik, mutiara imitasi sampai batu-batuan. Tapi hati-hati jika menggunakan payet yang terlalu banyak, kenapa? Kita tahu mereka masih sangat aktif untuk bergerak dan berlarian kesana kemari. Mereka belum bisa membedakan tempat-tempat yang bisa merusak pakaian yang sedang dipakai. Jika payetnya terlalu banyak, misalkan di bagian lengan, bisa saja ketika mereka sedang bermain payet di lengan ini tersangkut pada paku atau benda lain, alhasil jahitannya pun bisa lepas dan kainnya pun akan rusak. Sebaiknya gunakan secukupnya saja pada bagian yang sekiranya memang perlu penambahan aksesori. 

Beberapa hal yang bisa menjadi pedoman kita sebelu membelinya adalah
  • Desain dan warna
Alangkah lebih baik jika kita memilih desain yang lebih sederhana dan tidak terlalu rumit. Pastinya supaya mereka bisa bergerak lebih bebas. Paastikan anda memilih warna-warna cerah untuk membuat kesan yang ceria. Anda juga bisa bertanya, warna apa yang mereka sukai. Kalau mereka sudah menyukainya, pasti akan sangat senang saat memakainya dan tidak merasa terpaksa.
  • Bentuk tubuh
Jika putri anda memiliki tubuh yang gemuk, pilihkan atasan yang tidak perlu memakai obi (sabuk dari kain) atau cari yang terdapat jahitan di bawah dada. Supaya menyamarkan perutnya yang besar. bagian perut yang besar akan terasa sesak jika memakai bawahan dengan ban pinggang yang kaku, solusinya, carikan yang bagian pinggangnya menggunakan karet supaya lebih nyaman.


Jika putri anda bertubuh mungil dan pendek cari pakaian yang panjangnya sampai ke pinggul (tidak panjang) atau bagian bawahnya dibuat dengan model miring supaya memberikan kesan tinggi. Supaya badannya terlihat lebih bagus maka pilih yang banyak menggunakan aksesori pada bagian pinggul.
  • Bawahan
Pakaian tradisional ini biasa dipasangkan dengan kain panjang (jarik). Supaya lebih mudah dalam pemakaiannya anda bisa memodivikasinya dengan membuatnya menjadi rok. Sebenarnya tidak harus menggunakan jarik, kita bisa membuat rok pendek dari bahan saten atau bahan lainnya. Sekarang sudah banyak model rok pendek yang beranekaragam.  Bisa anda pilih sesuai dengan keinginan. Atau bisa juga dipasangkan dengan celana panjang. 

Baju kebaya anak sangat diminati oleh para ibu yang menghendaki anaknya tampil gaya di acara resmi. Dalam pemilihannya tergantung pada keinginan sang ibu namun yang utama adalah kenyamanan si kecil. Percuma saja jika gayanya oke tapi tidak nyaman dipakai, nanti malah membuat mereka menjadi rewel.

No comments:

Post a Comment