Monday, April 29, 2013

Trik Jitu Memilih Kemeja Batik Pria



Kali ini kita akan mengetahui tentang trik jitu memilih kemeja batik untuk pria. Pada era terdahulu kain yang juga merupakan warisan dari nenek moyang ini banyak dikenakan oleh laki-laki dewasa bahkan tua. Mereka memakainya pada acara tertentu yang sifatnya sangat resmi. Dulu kain ini belum begitu menjadi sorotan sehingga para remaja dan wanita belum banyak yang memakainya.

Sekarang ketika media sudah sangat banyak macamnya, orang mulai tertarik untuk membuat dan memakai pakaian dari bahan itu. Tentunya hal ini tidak membuat nilainya semakin menurun, bahkan malah semakin terkenal. Para selebriti mulai memakainya dan memperkenalkannya ke luar negeri untuk menunjukkan bahwa ini adalah asli milik Indonesia. Kemudian desain busana ini juga mulai berkembang, baik dari segi motif dan modelnya. Kalau untuk kaum lelaki, desain yang paling umum hanya baju yang berlengan pendek atau panjang.

Para remaja sampai anak kecil pun sekarang mulai tertarik untuk dapat memiliki busana dari bahan ini. Karena jumlah permintaan yang cukup tinggi maka mulai bermunculan toko yang menyediakan pakaian jadi dari bahan tradisional ini. Sebelum membelinya, perlu dilihat beberapa trik jitu berikut ini :
  • Ukuran
Size selalu menjadi tolok ukur terpenting ketika kita ingin membeli sesuatu tentunya supaya nyaman untuk dikenakan. Ukuran yang terlalu besar akan tampak jelas ketika dipakai. Lihat saja pada jahitan yang menghubungkan antara ketiak dan bahu. Jika ukurannya pas, jahitan tersebut harusnya berada tepat di ujung bahu. Kalau terlalu besar, jahitan itu akan melebihi ujung bahu, bahkan sampai ke lengan.  Kasus seperti ini banyak terjadi jika anda membelinya melalui internet. Karena di sana kita hanya bisa melihat gambarnya saja, walaupu  disediakan ukuran, kita juga tidak bisa mencobanya.
  • Biaya
Sebenarnya ini adalah hal pertama yang harus kita pikirkan sebelum membeli dan memilih kemeja batik di toko. Setelah anda menentukan berapa besar biaya yang anda miliki, barulah mulai mencari model yang kita suka. Percuma kan, kalau sudah terlanjur suka tapi harganya sangat mahal dan menyimpang jah dari anggaran yang sudah kita buat? Itu akan membuat anda sangat kecewa. Maka, selalu perhatikan harga yang biasanya selalu digantung pada setiap baju yang dijual, sehingga dapat memperkirakan uang yang dibutuhkan. Ini tidak perlu dilakukan kalau anda memiiki budget yang besar, harga setinggi apapu bisa anda beli.
  • Material pembuatnya
Disarankan untuk menggunakan bahan katun atau sutera. Sutera dapat menyesuaikan cuaca saat itu. Akan terasa dingin di udara yang panas dan terasa hangat saat udara dingin. Kualitas bahan ini tentu saja membuat harganya juga berbeda-beda. Kualitas bagus juga memerlukan biaya yang tinggi, begitu sebaliknya.

Sesuaikan juga dengan karakter dan kepribadian anda. Misalnya saja, pria yang tingkah lakunya lembut dan tidak kasar pasti menyukai bahan yang teksturnya juga lembut dan halus. Sementara lelaki yang tidak begitu memperhatikan penampilan, pasti mau memakai pakaian dari bahan ala kadarnya. Dia menganggap semua kain sama saja.
  • Motif
Untuk memunculkan kesan yang lebih berkarakter, cobalah mencari yang motifnya tidak terlalu ramai. Saya yakin anda pasti menemukan banyak sekali motif dan itu membuat anda bingung untuk menentukan motif mana yang paling cocok. Ikuti saja kata hati anda, dengan mengikutinya maka akan muncul kepercayaan diri yang membuat baju itu bagus untuk anda kenakan.
  • Warna
Jangan sembarangan dalam menentukan warna karena jika tidak tepat hanya akan memperburuk tampilanmu. Jika ingin memperlihatkan tampilan elegan, cari perpaduan antara warna hitam dan coklat atau tema lain namun yang cenderung gelap. Warna biru atau maroon juga dapat menunjukkan nuansa yang menawan, namun jangan sampai anda menggunakan warna yang terlalu mencolok.
  • Cara pemrosesan
Seperti yang kita tahu, kain ini dihasilkan melalui beberapa cara. Ada yang ditulis secara manual dan harganya cenderung tinggi, ada yang dibuat dengan cap atau sablon. Anda bebas memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Jika yang anda perlukan dalam jumlah banyak dan waktu yang cepat, pasti proses cap atau sablon akan menjadi solusi tepat.

Beberapa trik jitu memilih kemeja batik untuk pria ini dapat menolong anda untuk menentukan mana yang sekiranya pantas untuk anda kenakan. Dengan begitu kita tidak boleh asal pilih saja tanpa memperhatikan berbagai hal.

1 comment: