Wednesday, April 10, 2013

Kebaya

Kebaya adalah salah satu pakaian wanita yang sangat terkenal di Indonesia. Tentu saja, karena ini merupakan salah satu ciri khas dari negara kita sekaligus sebagai budaya yang bisa membedakan negara kita dengan negara lain di dunia. keberadaan busana ini sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Dengan perkembangan zaman yang begitu hebatnya, keindahan busana ini kini telah sampai ke luar negri. Banyak desainer dunia yang menggunakan desain kebaya dari Indonesia dan memodifikasinya dengan gaya barat.

Hasilnya memang mengejutkan. Daya tarik kebaya yang dipadukan dengan tangan dingin dari para desainer ternama mampu menciptakan desain-desain kebaya modern yang sangat indah dan menawan. hal ini bisa menjadi berita bagus dan sekaligus berbahaya bagi desainer Indonesia karena jika mereka tidak mampu bersaing dengan para desainer dunia, maka bisa jadi para desainer luar negri tersebut dapat mengambil untung yang lebih besar daripada negara kita. Tetapi jika desainer-desainer kita bisa bekerja dengan maksimal, mereka bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia melalui kebaya. Maka orang-orang di luar sana yang belum mengetahui tentang negara ini, bisa sedikit mengenal Indonesia melalui kebaya.

Dulu, menggunakan kebaya mugkin terkesan jadul atau kuno. Sekarang ternyata sangat diminati oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Mengapa kebaya saat ini begitu diminati oleh para wanita? mungkin karena desainnya yang sangat beragam. Kita bisa memilih model kebaya mulai dari desain tradisional sampai desain modern. Model pakaian yang satu ini sangat cocok digunakan pada acara-acara resmi seperti pernikahan, wisuda, pertunangan sampai acara-acara kantor. Momen yang pasti menggunakan kebaya adalah Hari Kartini. Untuk memperingatinya biasanya sekolah-sekolah atau instansi tertentu mengadakan lomba atau kegiatan yang berhubungan dengan perjuangan RA Kartini. Nah, di acara seperti ini pastilah mereka akan menggunakan kebaya. Momen seperti ini sangat baik karena bisa memperkenalkan kebaya pada anak-anak sekaligus melestarikan budaya yang kita miliki.

Karena desain kebaya yang sangat beragam, maka kita harus pintar menyesuaikan model kebaya dengan acara yang akan kita hadiri. Anda bisa memilih kebaya tradisional ataupun kebaya modern. Kita juga bisa memilih desainnya sesuai dengan bentuk tubuh. Bagi wanita muslim tidak perlu khawatir karena saat ini juga telah banyak model kebaya khusus bagi wanita berhijab. Kebaya ini biasanya dipasangkan dengan kain batik, jarik, songket atau kain lain seperti saten. Sebenarnya kita juga bisa memilih sendiri jenis kain yang akan kita pasangkan dengan kebaya.

Untuk membuat kebaya menjadi lebih mewah, kita bisa menambahkan payet, bordir, manik-manik atau hiasan lainnya. Bagi anda yang tidak menyukai kesan mewah, anda tidak perlu menambahkan aksesori atau hiasan pada kebaya anda. Anda cukup menyesuaikan desainnya dengan tubuh anda. Pasti hasilnya akan indah dan elegan.

Sampai di sini dulu posting saya tentang kebaya. Semoga bermanfaat.

1 comment: