Sunday, April 21, 2013

Kemeja yang Kita Kenal



Kemeja adalah pakaian yang bisa kita gunakan pada acara-acara resmi. Bentuknya hampir sama dengan kaos, hanya bagian depannya terbagi menjadi dua bagian, kanan dan kiri. Antara keduanya disambung dengan menggunakan kancing supaya bisa dikenakan. Bagian lehernya dilengkapi dengan kerah. Kita bisa memilih model dengan lengan panjang atau lengan pendek, sesuai selera dan kebutuhan.

Cara mengenakannya bisa dimasukkan ke dalam bawahan celana atau rok, bisa juga di luar. Tentunya kita harus mencocokkan corak, warna dan motif dengan bawahan yang akan kita pakai. Jangan gunakan motif yang berlawanan, misalnya anda memakai bawahan bergaris vertikal, maka carilah atasan dengan motif yang sejenis. Jangan memakai yang bermotif garis-garis namun dengan arah horisontal. Sebaiknya gunakan yang bermotif polos karena bisa digunakan dengan bawahan bermotif apa saja.

Apakah baju ini hanya bisa dipakai untuk acara resmi? Dan di mana saja kita bisa memakainya? Busana ini memang cocok dipakai ketika kita pergi ke kampus, bekerja atau acara lain yang tidak mengharuskan memakai seragam namun bersifat resmi. Tentu saja pemakaiannya tidak terbatas di situ saja, kita masih bisa memakainya pada acara-acara keluarga yang bersifat lebih santai. Bahkan kita bisa memakainya ketika berjalan-jalan ke mall.

Mungkin anda berpikir, jika pergi ke mall memakai baju hem akan tampak sangat formal, tapi ini bisa menjadi alternatif yang bagus bagi para pria dewasa atau yang berumur 40 tahun ke atas. Anda bisa memadukan hem lengan pendek dengan celana kain. Pilih corak yang menjadi favorit anda tapi usahakan jangan memilih warna yang terlalu terang. Gunakan saja warna lembut seperti coklat, biru atau hitam kemudian pasangkan dengan bawahan berwarna hitam karena warna ini sangat netral, bisa dipakai dengan berbagai warna atasan.

Untuk anak muda, pasti warna terang akan lebih cocok dan menunjukkan kesan aktif dan ceria. Kamu bisa memadukan kemeja motif kotak-kotak dengan celana panjang jeans atau pun celana pendek. Kostum ini sudah bagus untuk pergi berjalan-jalan. Jika ingin mencari cara lain, kamu bisa mengkombinasikannya dengan kaos. Caranya, pakai kaos dengan corak yang lebih netral, missal hitam atau putih, kemudian kenakan hem di bagian luar. Tidak perlu mengancingkan kancing bajunya, biarkan tetap terbuka supaya model kaos atau tulisan yang ada di sana bisa terlihat oleh orang lain. 

Selanjutnya kamu bisa bermain di bagian lengan. Lengan yang panjang bisa dilipat ke atas supaya terkesan lebih santai. Ide lain, pada lengan yang pendek kita juga melipatnya sedikit ke atas, caranya, satukan lengan kaos dan hem kemudian lipat ke atas, anda bisa melipatnya sebanyak 1-3 kali, sesuai keinginan. Namun jangan terlalu banyak, nanti hasilnya malah tidak bagus. Besar lipatannya pun tidak boleh terlalu besar. Rapikan lipatan tersebut supaya tampak bagus. Dengan cara ini baju anda tampak lebih gaya.

Ada berbagai motif hem yang tersedia di pasaran, antara lain
  • Motif bergaris
Garis yang terdapat pada baju ada yang arahnya vertikal atau horisontal. Garis ini bisa memanipulasi bentuk tubuh kita. Badan yang gemuk bisa terlihat lebih kurus dan sebaliknya. Jika tubuh anda gemuk, pakailah yang bermotif garis secara vertikal supaya dapat menyamarkan bentuk tubuh yang besar. Sedangkan bagi yang terlalu kurus maka gunakan garis yang horisontal supaya badan anda tampak lebih berisi.
  • Motif kotak-kotak
Model ini tidak hanya digemari pada baju yang dipakai untuk laki-laki, tapi juga banyak dicari oleh wanita. Ukuran kotak-kotaknya pun ada yang besar dan juga kecil. Pilih saja yang sesuai dengan selera anda. Warnanya pun bermacam-macam, biasanya para desainer mencoba memadukan antara beberapa macam warna yang berbeda.
  • Motif gambar
Baju dengan motif gambar biasanya memang ditujukan bagi remaja. Tidak untuk orang yang sudah berumur, terlebih pada pakaian dengan gambar atau tulisan yang besar di bagian belakang.
  • Motif batik
Corak yang satu ini pada hem pria pada umumnya cara memakainya tidak dimasukkan ke dalam bawahan. Banyak dipakai untuk acara-acara seperti pernikahan. Cocok untuk segala usia, kita tinggal memilih motif dan warna yang kita inginkan.

Banyak kan model dan motif kemeja yang ada di seitar kita? Semuanya bisa dipakai pada berbagai acara tergantung dengan desain, motif dan coraknya. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan bawahannya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment