Monday, April 22, 2013

Tips Tepat Menggunakan Mantel



Para pengendara sepeda motor pasti sangat membutuhkan mantel untuk melindungi tubuh supaya tidak basah ketika hujan mulai turun dengan deras. Kalau hujan turun di siang hari atau ketika jam kantor kita tidak perlu bingung karena berada di dalam ruangan dan tidak akan basah. Tapi kalau datangnya pada jam-jam berangkat dan pulang kerja pasti menyebalkan kan?

Ketika akan berangkat kerja, kita pasti sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Kita juga sudah berdandan dengan rapi lengkap dengan pakaian yang sudah disetrika dengan halus. Tiba-tiba hujan turun dengan sangat deras. Pasti kamu akan merasa kesal, kita juga tidak mungkin menunda untuk pergi, sebab pasti akan dimarahi si bos. Oleh karena itu selalu ikuti pepatah “sedia payung sebelum hujan”. Jas hujan adalah jawaban paling tepat untuk kondisi ini, bagi anda yang naik motor atau sepeda. Mungkin sebagian orang akan memilih naik kendaraan umum ketimbang harus memakai jas hujan, sebagian lagi menunggu hujan reda dengan resiko malah akan semakin deras dan semakin besar kemugkinan untuk terlambat.

Kenapa sih ada orang yang malas untuk memakai jas hujan? Saya yakin kamu sering lihat orang-orang yang tetap tidak memakai jas hujan walaupun tahu bahwa hujan sudah turun cukup deras. Mereka malah mempercepat laju kendaraan dengan alasan supaya cepat sampai dan tidak kehujanan. Tapi apa hasilnya? Angka kecelakaan malah semakin meningkat karena hal seperti ini. Mereka tidak mau memakai jas hujan dengan macam-macam alasan, misalnya: “malas untuk berhenti”, “hujannya belum begitu deras” atau “bentar lagi juga sampai”. Hasilnya, mereka basah kuyup, bajunya pun berantakan. Bagi yang kondisi tubuhnya kurang baik akan mudah untuk terserang flu dan demam.

Alasan di atas sebenarnya cukup membuktikan pentingnya memakai jas hujan ketika hujan tiba. Tapi masih saja banyak yang tidak mematuhinya. Berikut kita akan membahas tips untuk memilih jas hujan supaya tetap keren di tengah hujan yang mengguyur:
  • Keamanan
Ini adalah hal pertama yang penting untuk dipikirkan. Pernah mendengar kan, orang yang kecelakaan karena jas hujannya masuk ke dalam ruji ban, padahal dia mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, ini menyebabkan lehernya terjerat mantel dan terjatuh, bahkan ada yang meninggal.
  • Model kelelawar/batman
Jika anda memilih untuk memakai jenis ini, diarankan untuk memilih bahan yang lebih tebal dari plastik tipis atau parasut. Bahan yang tebal akan membuat jas hujan tidak mudah kabur terkena hempasan angin. Jangan lupa rapikan bagian belakang sebelum anda berangkat, kalau anda pergi sendirian sebaiknya duduki bagian belakangnya sehingga tidak mudah terhempas angin karena tertahan oleh berat badan anda.

Kekurangan desain ini, badan kita akan tetap basah ketika hujannya sangat deras. Air bisa masuk melalui bagian samping (bawah lengan) walaupun sudah dilengkapi dengan beberapa kancing. Sebagian kaki juga akan tetap basah, namun bisa dipakai untuk dua orang sekaligus dengan resiko ada anggota badan yang tetap basah.

Namun sekarang sudah dibuat model terbaru, yaitu bagian lengan sudah dilengkapi dengan model mirip jaket dan ujungnya diberi karet, sehingga lebih rapat. Model ini juga dilengkapi dengan celana panjang. Nyaman sekali untuk dipakai.
  • Model jaket dan celana panjang
Desain kedua ini sudah pasti aman karena terbagi menjadi dua bagian yang terpisah. Atasannya berbentuk seperti jaket dan bawahannya adalah celana panjang atau rok panjang. Kelemahannya, ada beberapa jenis yang kualitas di bagian ritsleting pada jaket kurang bagus dan mudah sobek, menyebabkan air bisa masuk sampai ke dalam. Untuk desain yang dijahit juga akan mudah sobek di bagian celana. Lebih baik pilih yang dibuat dengan cara press, jadi kemungkinan air untuk masuk ke dalam jas hujan akan lebih kecil.
  • Warna jas hujan
Ketika hujan lebat, pasti suasana sekitar juga akan gelap, ditambah banyaknya air hujan yang turun membuat jarak pandang ke depan semakin pendek, sehingga orang-orang mencoba menghidupkan lampu kendaraan supaya lebih terang. Alangkah baiknya kalau kita memilih jas hujan dengan warna yang terang agar orang di belakang atau yang berlawanan arus dengan kita bisa mengetahui keberadaan kita dengan mudah dan dapat menghindari terjadinya kecelakaan. Akan semakin bagus kalau memilih warna yang mencolok atau menggunakan fosfor silver seperti jas hujan polisi. Warna yang cerah juga membuat anda lebih bergaya. Periksa juga pori-porinya, semakin sedikit maka kemungkinan masuknya air juga semakin tipis.

Baca juga tips menggunakan mantel lainnya untuk pedoman anda sebelum mengenakannya. Pemilihan yang tepat juga akan membawa keuntungan bagi anda sendiri.

No comments:

Post a Comment