Wednesday, May 1, 2013

Tips Hemat Belanja Baju Bayi



Para ibu hamil yang sudah mencapai usia kehamilan selama lebih dari 7 bulan, pasti sudah tidak sabar untuk menanti kehadiran sang buah hati. Pasti ibu akan membutuhkan tips hemat belanja baju bayi. Sehingga anda bisa memperkirakan anggaran yang akan digunakan untuk membeli pakaian dan kebutuhan untuk calon anak yang akan lahir.
  • Jumlah
Pikirkan berapa banyak yang akan anda beli. Yang pasti tidak perlu membelinya terlalu banyak dulu karena mereka akan berkembang begitu cepat, sehingga baju cepat kekecilan dan tidak mungkin dipaksakan untuk dipakai, akhirnya hanya diberikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan.
  • Pikirkan yang benar-benar diperlukan
 Untuk anak yang baru lahir, pakaian yang sangat dibutuhkan adalah popok, gurita, baju, kaos tangan, kaos kaki dan bedong. Ini semua bermanfaat untuk memberikan rasa hangat padanya. Seperti yang kita tahu, mereka akan sering buang air baik besar dan kecil, sehingga yang paling banyak diperlukan adalah popok. Karena baru saja lahir, sebaiknya kenakan popok kain saja, jangan menggunakan pampers, kulitnya masih sangat halus sehingga kemungkinan terjadinya alergi masih sangat besar.

Kaos tangan dan kaos kaki bertujuan supaya ujung jari tangan dan kakinya tidak kedinginan, kemudian kuku tangannya yang masih panjang dan tajam tidak melukai wajahnya sendiri karena mereka suka menggarukkannya ke wajah tanpa tahu bahwa itu bisa menyebabkan luka. Sedangkan bedong supaya dia merasa selalu hangat, seperti di dalam perut ibu, kalau orang jawa mengatakan bedong ini menjaga supaya si anak tidak cepat lelah karena banyak bergerak dan tidak mudah kaget.
  • Bahan
Pilihlah bahan yang lembut dan halus serta mudah menyerap keringat. Bahan yang lembut sangat bersahabat dengan kulit mereka yang sangat halus, sehingga tidak menimbulkan iritasi. Bayangkan kalau kainnya kaku dan panas, kasihan jika tidak nyaman dan membuat mereka menjadi rewel. Mungkin harganya memang sedikit lebih tinggi, tapi masih terjangkau.
  • Harga
Seperti yang baru saja dibicarakan dalam tips hemat untuk belanja baju bayi ini, kain yang lembut biasanya harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan lainnya. Tapi bukan berarti anda harus membeli dengan harga yang mahal, ini juga dipengaruhi oleh merek yang terkenal. Jika anda telaten dalam mencarinya, saya yakin anda bisa menemukan kaos atau baju yang berbahan halus namun tidak terlalu mahal.
  • Model baju
Anak 0 bulan belum bisa bergerak terlalu banyak, hanya telentang saja, yang perlu kita perhatikan, jangan memilih baju dengan model kancing di belakang karena mengganggu kenyamanan apalagi kalau sampai mereka terluka, anda baru akan menyesal.

Kita juga tidak perlu memilih desain yang terlalu rumit, cukup baju atasan saja dengan kancing di depan. Ini sangat membantu anda untuk melepas dan memakaikannya. 

Jangan terlalu sering memakaikan baju dengan kerah yang menutupi leher, karena dapat menimbulkan biang keringat saat cuaca panas. Kecuali jika cuaca dingin, ini akan membantu mereka menjadi lebih hangat.
  • Cari ukuran yang sesuai
Carilah size yang tidak terlalu kecil namun juga jangan terlalu longgar supaya masih bisa dipakai untuk beberapa waktu ke depan. Jika terlalu longgar juga tidak baik karena mengganggu gerakan mereka.
  • Kerutan
Hindari baju yang dilengkapi dengan kerutan di bagian perut atau dada karena membuat pernapasan mereka tidak leluasa bahkan sesak. Karet yang terlalu kencang juga akan meninggalkan bekas di kulit selain menimbulkan rasa sakit dan gatal, dapat mengganggu aliran darah.

Semoga tips hemat belanja baju bayi ini dapat menjadi masukan bagi para orang tua yang sudah menanti kelahiran anaknya.

2 comments:

  1. Bagus banget nih infonya, sekalian share info yah buat para ibu muda, belanja perlengkapan bayi yang lucu dan hemat ada di http://ciukba.co.id

    ReplyDelete