Monday, April 15, 2013

Tips Memilih Sepatu dan Sandal Hak Tinggi




Para wanita pada umumya akan memerlukan sepatu dan sandal hak tinggi untuk berbagai aktivitas meskipun intensitasnya pasti berbeda antara satu dan lainnya. Barang yang ngetrend dengan “high heels” ini sangat diminati wanita dari berbagai umur. Bahkan beberapa desainer pun mulai mencoba membuat heels yang ditujukan untuk anak-anak. Tentunya mereka sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan jika dipakai oleh anak yang masih suka berlarian kesana kemari.

Di samping acara-acara yang mengharuskan wanita untuk memakainya, kalian pasti sudah mengerti kodrat wanita yang selalu ingin tampil cantik dan sempurna dalam setiap kesempatan. Ini merupakan satu alasan kenapa perempuan tidak pernah melupakan fashion. Alas kaki yang satu ini dipercaya mampu membuat penampilan mereka lebih sempurna bahkan terkesan seksi. Maka jangan heran ya kalau rata-rata setiap wanita setidaknya memiliki satu sampai dua pasang . Terlebih lagi para selebriti yang selau tampil di panggung setiap hari. Mereka akan selalu memburunya supaya up to date dan tidak membosankan.

Tapi tunggu dulu, pemakaian high heels juga mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya kita akan terlihat lebih feminine, seksi, glamor dan kaki akan terlihat lebih indah. Kekurangannya tentu saja akan berbahaya jika kita tidak hati-hati memakainya. Bisa saja terpleset atau kesleo dan akhirnya jatuh. Nggak lucu kan kalau tiba-tiba kita jatuh di acara resmi dan ditonton oleh banyak orang? Maka dari itu pemilihan dan penggunaanya harus tepat. Untuk mengetahuinya silakan baca catatan saya di  bawah ini

  • Sesuaikan dengan acara. 
Ketika akan memakainya, kita harus melihat tema acara tersbut, formal, nonformal atau semiformal. Untuk acara formal seperti wisuda atau acara-acara kantor yang memang dirancang secara resmi, desain dengan model yang bertumit tinggi. Untuk acara ulang tahun atau yang bertema tidak resmi kita bisa memilih wedges. Tempat diadakannya acara juga perlu diperhatikan. Jika diadakan di lapangan terbuka dengan beralas rumput atau tanah, jangan menggunakan heels yang runcing.
  • Cocokan dengan busana anda. 
Sepatu dan sandal hak tinggi akan membuat penampilan anda semakin sempurna jika anda pandai mencocokkannya dengan busana yang tepat. Pertama, dari pemilihan warnanya. Ada baiknya kita tidak memakai heels berwarna merah jika gaun yang kita kenakan berwarna kuning sambil menenteng tas berwarna hijau. Mirip seperti traffic light berjalan kan? Maka banyak orang yang memilih untuk membelinya dengan warna netral seperti gold, hitam, coklat atau silver karena warna-warna ini bisa dikombinasikan dengan berbagai warna dan corak.
  • Gunakan pad. 
Pad adalah alas tambahan yang membuat kaki akan terasa lebih nyaman. Benda ini mudah didapatkan di sekitar kita. Harganya pun terjangkau. Pemakaiannya gampang. Cukup letakkan di bagian alas dan langsung siap dipakai. Untuk lebih bagusnya, kita tetap harus menyesuaikan warnanya dengan si alas kaki meskipun orang tidak bisa melihat warna pad ketika kita memakainya.
  • Priksa kelenturan dan kenyamanannya. 
Sebelum membeli cek dulu kelenturan alas kaki tersebut. Misalnya dengan sedikit menekuk atau memencet bantalannya. Supaya tumit kita tidak mudah lelah dan sakit.
  • Pilih yang terbuat dari bahan yang nyaman. 
Material sperti kain atau suede akan lebih ramah pada kulit kaki kita daripada bahan sintetis. Cek saja pada pinggiran alas kaki, jika dipegang ternyata sangat kaku dan keras, carilah pilihan lain meskipun modelnya bagus karena bisa membuat kaki lecet.
  • Up to date. 
Carilah desain yang baru dengan selalu mengikuti perkembangan fashion. Dengan cara ini kita tidak akan terlihat jadul. Tapi tetap harus disesuaikan dengan kaki anda. Jika memang tidak cocok jangan paksakan untuk menggunakannya, karena malah akan merusak style.
  • Kualitas. 
Alas kaki dengan kualitas bagus juga berpengaruh pada kenyamanan saat berjalan. Heels yang tidak berada tepat di bawah tumit sangat mempengaruhi keseimbangan badan ketika berjalan.
Pada saat memilihnya, pikirkan juga mengenai :
  • Cari ukuran yang pas. 
Ukuran yang terlalu sempit akan membuat jari kaki dan tumit menjadi lecet dan terluka. Tentunya akan terasa sakit ketika berjalan. Anda harus menahan rasa sakit padahal acara baru saja dimulai. Size terlalu besar juga pasti tidak enak untuk berjalan dan tidak bagus saat dilihat orang lain.
  • Sesuaikan dengan bentuk kaki dan tinggi badan. 
Bagi yang memiliki bentuk kaki yang melebar, sebaiknya pilih alas kaki yang didesain lancip. Jenis ini sering disebut point toe shoes. Desain lancip akan menyamarkan kaki yang lebar. Bagi yang mempunyai betis besar, untuk mengakalinya pakailah model terbuka pada bagian jari dan tidak bertali pada pergelangan kaki. Untuk wanita yang tingginya lebih dari 170, jangan memilih heels lebih dari 5cm. Bisa membuat teman pria anda malas untuk mendekat karena kalah tinggi.
  • Kebiasaan. 
Bagi yang jarang memakai heels pasti akan sedikit terasa repot jika harus mengenakannya. Tipsnya adalah coba kenakan heels di rumah beberapa hari sebelum hari-H. Tidak perlu lama-lama, sepuluh sampai limabelas menit saja per hari, gunakan untuk berjalan mondar mandir. Atau gunakan beberapa jam sebelum pergi untuk membiasakan kaki anda. Jangan menyeret kaki ketika berjalan, bisa menyebabkan heels patah atau terjatuh. Jangan mengambil langkah yang lebar, biasakan berjalan dengan anggun. Jika anda tahu acara akan berlangsung lama dan anda harus sering berjalan, pilih saja heels yang agak rendah supaya tidak mudah capek. Ketika acara selesai dan kaki terasa sangat lelah, cepat gantilah sepatu hak tinggi anda dengan sandal yang flat.

Itulah sedikit tips yang bisa menambah wawasan anda, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. wah keran Artikelnya membantu sekali dan semoga juga membantu untuk penbaca yang lain....
    oya kalau untuk tips memilih kaos kaki muslimah ada juga gak ya ...
    kalau ada bagi juga dong..

    ReplyDelete
  2. hello gan.....
    Artikelnya menarik ya..dan membantu sekali buat kalian yang suka memakai hak tinggi ...
    dan untuk memakai high heels apakah disarankan untuk memakai kaos kaki muslimah juga..:)

    ReplyDelete