Friday, April 12, 2013

Bisnis Sepatu Vicky Shu


Vicky shu, artis cantik yang memulai karier keartisannya dengan bernyanyi ini ternyata mempunyai hobi menarik. Dia suka merancang sepatu sendiri dan memakainya saat bernyanyi di atas pentas. Menurut wanita yang lahir di tahun 1987 pada bulan Juli ini rasanya lebih nyaman dan puas ketika memakai sepatu hasil rancangan sendiri. Kegemarannya mendesain sepatu sudah dimulai sebelum dia menjadi seorang artis terkenal. Dia memang menyukai sepatu karena sejak kecil koleksi sepatunya sudah cukup banyak. Dari  sinilah Vicky mempunyai ide untuk membuat hobinya sebagai bisnis di sela kesibukannya sebagai penyanyi.

Era globalisasi yang sudah mulai masuk ke Indonesia membawa dampak luar biasa khususnya pada perkembangan komunikasi dan teknologi. Saat ini internet bukanlah hal yang baru lagi bagi kita. Dari anak-anak sampai orang tua pun bisa menggunakan internet dengan mudah. Dengan begitu hubungan dengan negara lain pun semakin mudah pula. Kemudahan ini dimanfaatkan dengan sangat baik oleh para pebisnis dari dalam maupun luar negri. Begitu juga dengan Vicky shu. Dia juga mencoba memasarkan sepatu hasil karyanya melalui internet secara online. 

Vicky lebih tertarik untuk menjual sepatunya ke luar negeri karena menurutnya orang Indonesia itu malah suka membeli barang-barang dari luar negeri padahal terkadang barang-barang tersebut berasal dari negeri sendiri yang diekspor kemudian dijual kembali ke Indonesia. Harga sepatunya dibandrol paling murah dengan harga 500 ribuan. Sebenarnya ada juga beberapa artis di Indonesia yang juga suka menggunakan sepatu rancangan Vicky. Karena membidik pasaran luar negeri maka kualitasnya sudah tidak perlu diragukan. Vicky tidak memproduksi sepatunya melalui pabrik, tapi buatan tangan.

Sepatu karya Vicky shu ini diberi merk “Syu Shu”. Dalam pembuatan desainnya, Vicky mengaku sering mencoba untuk memberikan sentuhan khas tradisional Indonesia karena dia bangga menjadi warga Negara Indonesia. Kain-kain khas Indonesia yang sangat banyak dia manfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat sepatu. Tapi bagaimana dia bisa mendapatkan bahan yang mungkin tidak bisa dia temukan di Jakarta? Ternyata selain merancang sepatu, dara cantik ini juga suka jalan-jalan ke luar kota.  Undangannya untuk manggung ke berbagai daerah dimanfaatkannya untuk berkunjung ke toko yang menjual kain khas dari daerah itu. Beberapa bahan yang dirasa cukup sulit untuk mendapatkannya dan juga mahal tentunya juga akan mempengaruhi harga jual sepatunya. Vicky sudah memproduksi sepatu dengan beberapa kain khas Indonesia, misalnya batik dan songket.

Sepatu rancangan penyanyi cantik ini memang kebanyakan adalah sepatu berhak tinggi dan wedges. Sepatu dengan hak yang cukup tinggi diberi nama Killers Hels. Desain sepatu Vicky yang ia jual rata-rata memiliki tinggi hak lebih dari 7 cm. Dia berpikir bahwa postur tubuh orang Indonesia akan lebih bagus jika menggunakan sepatu ber-hak tinggi. Untuk desain wedgesnya, dia memang suka merancang alas sepatu yang lebih tebal dari yang kita temukan di pasaran. Ada yang tebalnya di bagian depan saja dengan hak tinggi di bagian belakangnya, ada pula yang tebalnya rata dari depan sampai belakang alas sepatu. Walaupun menggunakan hak tinggi, tapi kenyamanan pemakai sepatu juga menjadi prioritas utama dalam mendesain.

Beberapa sepatu buatannya juga dibuat dalam model boot yang tingginya bisa sampai lutut. Sepatu dengan gaya ini dimaksudkan untuk menunjukkan sisi maskulin dari seorang perempuan sedangkan untuk sepatu heels itu menunjukkan sisi feminine perempuan.

Ketekunan gadis cantik ini dalam membaca peluang bisnis dari hobinya memang patut untuk diacungi jempol. Tindakannya bisa menjadi salah satu contoh bagi kita untuk terus berusaha menciptakan sesuatu yang bisa kita kembangkan dari bakat yang kita miliki. Dari situ kita bisa mendapatkan penghasilan sendiri.

1 comment: