Tuesday, April 30, 2013

Muslimah Models Community


Dunia modelling identik dengan wanita-wanita bertubuh tinggi langsing dan memiliki kaki yang indah. Mereka berlenggak-lenggok di atas catwalk untuk menampilan baju yang dirancang oleh para desainer. Busana yang diciptakan pun terdiri dari berbagai jenis, bahkan ada yang sedikit terbuka. Tapi kini terdapat sebuah komunitas untuk para wanita muslim yang disebut dengan Muslimah Models Community.

Komunitas ini baru saja didirikan sekitar sebulan yang lalu, tepatnya bulan maret 2013 di Yogyakarta. Pendirinya adalah Farah Diana. Dia juga memiliki sebuah sekolah model yaitu Farahdi Center. Tujuan dibangunnya komunitas ini sebenarnya untuk menunjukkan kemampuan para siswa yang sudah bersekolah di tempatnya. Walaupun baru saja dibentuk, komunitas ini sudah mengadakan dua kali lomba modelling.

Farah tidak menentukan secara pasti latar belakang pendidikan bagi kita yang ingin bergabung di sekolah miliknya, jadi di sana kita akan bertemu banyak orang yang memiliki pendidikan yang berbeda-beda. Selain menambah pengalaman, tentunya kita juga akan semakin banyak kawan. Di sini kita juga bisa mendapatkan ilmu yang mungkin tidak kita dapat dari bangku pendidikan biasa. Kita juga dapat berbagi ilmu dengan teman-teman atau bertanya tentang hal-hal yang belum kita ketahui.

Pertanyaan selanjutnya adalah kenapa komunitas yang dibentuk ditujukan untuk para wanita muslim? Mungkin beberapa wanita berhijab ada yang bercita-cita untuk menjadi seorang model dan dia berpikir karena dia berhijab akan mengganggu penampilannya sehingga tidak akan diterima untuk menjadi model. Pikiran seperti ini yang perlu diubah. Wanita berjilbab tidak menjadi penghalang untuk bisa mewujudkan niat untuk menjadi model yang hebat. Dari sinilah muncul ide untuk membuat sebuah wadah yang dapat menampung setiap wanita muslim yang ingin mencoba untuk menjadi model khususnya di wilayah Yogya.

Sebenarnya hal utama yang ingin dicapai pada muslimah models community ini bukan model catwalk, melainkan lebih ke arah memberikan pelajaran bagaimana untuk dapat tampil oke walaupun memakai jilbab. Mereka akan diajari cara memakai kerudung dengan berbagai macam kreasi dan juga cara untuk berdandan dan merias diri seperti gadis lainnya. Berdandan di sini tidak berarti untuk memamerkan kecantikannya namun supaya wajahnya tetap enak dilihat, tidak pucat dan kucel sehingga dapat tampil menawan. 

Tidak hanya itu, di sekolah ini kamu bisa belajar olah tubuh yang baik dan menampilkan sikap yang dapat menunjukkan bahwa anda seorang wanita islami. Semua yang diajarkan adalah hal positif, maka mungkin saja kamu bisa menjadi model Indonesia yang hebat. Komunitas ini juga sudah hadir di luar negeri, seperti Amerika. Sama seperti yang dibentuk di Indonesia, semuanya mengajarkan hal-hal positif yang tentunya tidak menyimpang dari ajaran di dalam kitab suci umat Islam dan hadisnya. Dari sekolah ini diharapkan anda bisa menjadi contoh yang baik bagi perempuan mslim lainnya.

Komunitas yang diresmikan oleh Istri bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo ini memberikan panduan cara-cara untuk dapat mengenakan pakaian dengan baik, cara mengkombinasikan warna antara jilbab, atasan dan bawahan. Kapan dan di mana harus mengenakan kaos, baju kebaya dan sebagainya.

Di samping pelajaran dalam berpenampilan, kita juga mendapatkan beberapa ilmu yang berkaitan dengan psikologi. Kita akan tahu cara berbicara yang benar, cara bertingkah laku di depan umum yang kemudian akan membentuk pola pikir yang baik pula. Tidak terbatas pada itu saja, kalau kita memiliki ketrampilan dalam bidang lainnya, kita juga diperbolehkan untuk membagi ilmu tersebut kepada anggota komunitas.

Muslimah models community dapat menjadi inspirasi yang baik bagi kita kaum muslim dalam berbusana dan bersikap. Jangan malau atau ragu untuk bergabung di sini karena banyak sekali hal-hal baik dan posotif yang bisa kita peroleh yang tentunya akan membangun pribadi kita untuk bisa menjadi orang yang lebih baik lagi.

1 comment: