Thursday, April 11, 2013

Apa sih Kain Sutra/Sutera itu?

Kali ini kita akan sedikit membicarakan tentang kain sutra. Kita pasti sering mendengar orang-orang yang suka membeli kain di toko sedang mencari kain sutera. Banyak juga yang membicarakan bahwa kain ini terkenal dengan harganya yang mahal. Tapi pernahkah terlintas di pikiran kita tentang apa sih sutra itu? kenapa harganya mahal? Kenapa banyak orang sangat menyukainya untuk dibuat menjadi busana yang mewah? Nah, pembahasan berikut ini akan mencoba menjawabnya.

Sutera atau juga bisa disebut sutera adalah bahan tekstil yang merupakan hasil tenunan dari serat protein alami. Serat tersebut tentunya berasal dari kepompong yang bisa kita dapatkan dari hasil peternakan ulat sutra. Ulat sutra yang paling banyak diternakkan saat ini adalah ulat sutra murbei atau (Bombyx mori). Selain jenis sutra ini, kita juga bisa mendapatkan sutra liar. Jenis ini didapat dari kepompong liar yang bukan hasil ternakan. Karena diolah dari jenis kepompong yang berbeda, pasti terdapat perbedaan di antara keduanya.

Kain sutra yang dihasilkan dari ulat ternakan akan menghasilkan kain yang mempunyai tekstur halus, lembut, berkilau ketika terkena cahaya tetapi tetap tidak licin sedangkan pada sutra yang berasal dari kepompong liar teksturnya sangat berbeda. Hasil produksi dari jenis ini juga cukup terbatas. cara pengambilan benang sutranya pun berbeda. Sutra dari ulat ternakan, pertama-tama kita pasti sudah membuat peternakan ulat sutra tersebut di rumah dan diberi murbei. Kemudian sebelum ngengat dewasa keluar kita masukkan atau celupkan pada air panas atau dengan cara lain yaitu dengan menusukknya menggunakan jarum. Dengan cara ini maka benang sutra yang dihasilkan tidak putus dan dapat ditenun secara sempurna, sehingga menghasilkan kain tenunan yang kuat dan bagus. Pada sutra liar, kepompong yang kita dapatkan sudah digunakan untuk keluarnya ngengat dewasa, sehingga benang yang dihasilkan menjadi lebih pendek. Maka tekstur kainnya pun berbeda dengan sutra dari ulat ternakan.

Kain sutra memang sangat diminati karena nyaman untuk digunakan. Ketika dipakai kain ini bisa menyesuaikan dengan suhu udara pada saat itu. Saat cuaca panas, baju dari bahan sutra akan terasa sejuk jika kita pakai, begitu juga sebaliknya, saat cuaca dingin kita akan merasa hangat ketika memakai sutra. Ada beberapa jenis kain sutra yang terdapat di sekitar kita. di antaranya :
  • Sutra Katun. Jenis ini paling nyaman untuk kita gunakan sehari-hari.
  • Sutra Satin. Sutra ini umumnya polos tanpa motif bunga dan permukaannya mengkilap atau glossy.
  • Sutra Sifon. Kain ini biasanya digunakan untuk pakaian yang digunakan pada acara tertentu. Kain ini bertekstur halus dan transparan.
  • Sutra Tenun. kain ini umumnya mahal karena dibuat secara manual dengan Alat Tenun Bukan Mesin.
 Selanjutnya bagaimanakah cara untuk merawat kain sutra?
  • Supaya warnanya tidak mudah pudar, sebaiknya tidak mencucinya dengan sabun yang mengandung bahan kimia terlalu kuat. Lebih baik menggunakan sabun khusus untuk sutra
  • Jangan terlalu lama merendam sutra.
  • Sehabis mencuci kita tidak perlu memerasnya. Langsung dijemur saja.
  • Jangan menjemur sutra di bawah sinar matahari langsung.
  • Pada saat menyetrika sutra, gunakan kain lain sebagai alas.
  • Simpan sutra dengan cara menggantungnya dengan menggunakan gantungan baju.
Nah, itu adalah sedikit pembahasan tentang kain sutra. Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi para pembaca.

2 comments:

  1. bagus ka artikelnya,sukses terus yaa ka buat semuanya :DD

    http://www.kaospolos.com

    grosir kaos polos termurah bergaransi

    http://www.asianbrilliant.com |
    http://www.rawatweb.com

    ReplyDelete
  2. artikel kain sutra komplit gan :D

    jual kain sutra | http://kain-sutra.com/

    ReplyDelete