Thursday, April 11, 2013

Awal Mula Sepatu

Pada zaman modern ini orang-orang tidaklah lagi kagum dengan adanya sepatu. Ya, sepatu yang kita gunakan saat ini memiliki sejarah yang sangat menarik untuk dibicarakan. ada baiknya kita mengetahui sedikit cerita tentang awal mula dibuatnya sepatu supaya kita tahu bahwa zaman dahulu nenek moyang kita belum mengenal sepatu. Bayangkan saja jika tidak ada alas kaki, pasti kegiatan kita di luar akan sangat terganggu. Telapak kaki tidak terlindungi sama sekali sehingga sangat rentan terkena paku, batu atau benda lain yang membuat kaki menjadi sakit.

Orang di zaman kuno memang tidak terlalu memikirkan tetang alas kaki. Kebanyakan mereka bertelanjang kaki ketika bepergian atau berburu. Tapi lama kelamaan mereka juga merasakan perlunya sesuatu yang bisa melindungi kakinya. Orang yang tinggal di daerah bercuaca dingin, mereka memilih untuk menggunakan sepatu. Tapi jangan anda bayangkan bentuk sepatu pada saat itu sama seperti sepatu masa kini. Pada zaman itu bahan yang digunakan untuk membuat sepatu adalah kulit binatang atau dari tumbuhan. Mereka menyebutnya mokasin. Mokasin ini dibuat sangat sederhana yaitu selembar bahan yang digunakan sebagai alas kemudian dikaitkan dengan tali dan diikat pada kaki si pemakai. Dalam perkembangannya mereka menemukan sepatu boot yang membuat kaki terasa lebih hangat. Ini banyak ditemukan di Amerika, dataran tinggi di Perancis, China dan daerah lain yang berada di pegunungan tinggi.

Pada daerah yang bercuaca panas maka sandal lebih populer. Misalnya Mesir, tetapi tidak semua masyarakat di sana menggunakannya. Sandal yang mereka gunakan umumnya dibuat dari tanaman. Para pendeta dan raja-raja di Mesir adalah orang yang paling sering menggunakan sandal. Mungkin penggunaan sandal dimaksudkan untuk membedakan status sosial pada masa itu.
Pada masyarakat Yunani dan Romawi alas kaki yang cukup populer adalah sepatu yang dililitkan pada kaki sampai ke betis. Sepatu seperti ini disebut caligae. Jika mereka mampu memenangkan suatu peperangan maka sepatu ini akan dihias menggunakan emas atau berlian.

Kemudian perkembangan sepatu semakin baik. Sepatu yang berbentuk runcing, banyak ditemukan di Polandia. Kemudian muncul sepatu hak tinggi dengan hiasan cantik yaitu pita. Meskipun bentuknya belum sempurna dan masih sulit untuk digunakan namun sepatu ini sangan digemari dan sangat mewah. Setelah itu muncul sepatu yang dibuat dari bahan kulit domba atau anak kambing. Teksturnya yang halus dan lembut membuat sepatu ini lebih menawan.

Selanjutnya sejak awal tahun 1800an sejarah sepatu jauh lebih maju. Ini adalah awal mula munculnya sepatu dengan sol. (plimsolls). Tidak lama kemudian Goodyear berhasil menemukan sepatu yang dibuat dari bahan karet. Ini kemudian yang kita sebut sebagai sepatu kets. Dahulu sepatu keds ini diproduksi secara besar-besaran. Bahkan pabrik ini mampu memproduksi sepatu yang dikhususkan untuk para atlit. Setelah itu mulai bermunculan perusahaan sepatu lainnya seperti converse yang memproduksi sepatu untuk olahraga basket, Adidas yang berawal dari bisnis sebuah keluarga besar, Puma yang kemudian berhasil membuat sepatu untuk para atlit sepakbola Jerman, Sneaker dengan sepatu andalannya yaitu Stiletto, Nike yang terkenal lewat Michael Jordan, Platform Shoes, dan masih banyak jenis lainnya.

Sejak awal 2006 sampai sekarang model sepatu yang masih menjadi incaran di masyarakat adalah sepatu wedges dan high heels. Desain sepatu wedges sangat digemari karena lebih nyaman dipakai. tumpuan berat tubuh berada di seluruh alas kaki sehingga ketika kita memakainya kaki tidak mudah merasa lelah. Sedangkan untuk sepatu jenis heels juga digemari beberapa wanita kantoran atau selebriti. Menurut mereka semakin tinggi sepatu akan menunjukkan kesan seksi dan feminine bagi si pemakai. Tetapi jika hak yang dipakai terlalu tinggi juga bisa berdampak kurang baik. Kaki akan mudah lelah dan bisa keseleo jika tidak hati-hati dalam pemakaiannya.

Anda juga pasti sudah mengetahui model sepatu yang banyak kita temukan sekarang ini sangat beraneka ragam. Pembuatan sepatu akan disesuaikan dengan permintaan di pasaran. Bentuk, bahan, dan warnanya pun sangat beragam untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Dengan perkembangan sepatu yang begitu bagus kita tetap harus memperthatikan kenyamanan dalam memilih sepatu.


3 comments:

  1. bagus ka artikelnya,sukses terus yaa ka buat semuanya :DD

    http://www.kaospolos.com

    grosir kaos polos termurah bergaransi

    http://www.asianbrilliant.com |
    http://www.rawatweb.com

    ReplyDelete
  2. wah artikelnya menarik mbak , sekalian saya share deh ke dunia maya juga :)


    >> http://goo.gl/QUDEXE <<

    ReplyDelete
  3. wah keren juga dimasa romawi sepatunya di hias dengan emas..
    oya kalau untuk tempat distributor kaos kaki wanita yang koleksinya lengkap dan selalu Update di mana ya

    ReplyDelete