Wednesday, April 10, 2013

Mengenal Batik

Batik adalah salah satu budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Batik merupakan suatu teknik atau cara dalam membuat bahan pakaian. Beberapa daerah di negara kita memiliki khas dan corak tertentu yang membedakannya dengan daerah lainnya. Hal ini membuat kita semakin kaya akan aneka jenis batik. Kata batik diambil dari bahasa jawa yaitu "amba" dan "titik". Kata "amba" ini diartikan sebagai menulis.

Batik bisa dibagi menjadi beberapa macam. Di antaranya adalah batik tulis. Menurut beberapa sumber, Indonesia sudah mulai mengenal batik sejak kerajaan Majapahit mulai berdiri. Banyak literatur dari berbagai negara yang membahas tentang batik. Pada zaman dahulu pembuatan batik cukup lama dan sulit karena batik ditulis dengan menggunakan canting. teknik ini masih dipakai sampai sekarang karena terbukti bisa menciptakan suatu pola batik yang sangat indah. G.P. Rouffaer pernah mengatakan bahwa pola Gringsing adalah pola yang cukup rumit dan kuno. Bentuk-bentuk bunga dan tanaman menjadi inspirasi utamanya. Pola ini bisa dibuat dengan menggunakan canting. Model seperti ini sudah ada di Jawa timur sekitar abad 13. 
Untuk membuat batik dalam jumlah besar dan lebih praktis, saat ini produsen batik menggunakan teknik batik cap. Dalam pembuatan pola dan pewarnaan, teknik yang sering dipakai adalah dengan memakai malam. Ada juga batik yang dibuat dengan teknik melukis.

Beberapa wilayah seperti Jogja, Solo, Pekalongan, Jawa Timur, dan Bali sangat terkenal dengan keindahan batiknya. Industri batik di Indonesia saat ini sudah berkembang pesat. Hal ini disebabkan angka permintaan batik yang semakin meningkat dari hari ke hari. Ini sangat positif, sebab bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat selain itu mampu menambah devisa negara ketika kita mampu mengekspornya ke luar negeri. Jika dilihat dari harga, batik dibandrol dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan. Semua itu biasanya tergantung dari bahan yang digunakan, teknik pembuatan serta corak atau pola batik.

Mengapa saat ini batik mulai banyak diminati masyarakat? Kain batik dengan berbagai macam warna dan corak akan sangat bagus jika kita cocok dalam memilih model baju yang kita buat. Banyak perancang busana yang membuat desain menggunakan kain batik. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap minat masyarakat. Selebriti-selebriti Indonesia pun banyak yang menggunakan batik sebagai busananya baik untuk kegiatan sehari-hari atau pada acara-acara tertentu. Kita bisa melihat busana batik dari Annisa Pohan yang juga sekaligus ditunjuk sebagai duta batik, Agnes monica yang selalu mencoba memperkenalkan batik Indonesia pada dunia melalui busananya pada beberapa video klipnya. Ada juga Adi MS yang suka mengenakan baju batik pada beberapa acara di televisi. Ini menunjukkan bahwa batik memang digemari masyarakat.

Seperti yang kita ketahui bahwa sejak tahun 2009 UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya di Indonesia. Sejak itu, setiap tanggal 2 Oktober kita peringati sebagai hari batik nasional. Oleh karena itu kita perlu melestarikan dan mengembangkannya supaya tidak punah dan bermanfaat bagi negara kita. Begitu besarnya antusiasme masyarakat dengan batik, bahkan Ibu Ani Yudhoyono pun sangat mendukung pelestarian batik. Salah satunya beliau sangat setuju mengenai pendirian sebuah museum batik di Pekalongan. Dengan adanya museum, kita bisa lebih mengenal batik secara mendalam dan mengetahui berbagai macam jenis batik, kita juga bisa belajar tentang sejarah batik dan perkembangannya.



1 comment: