Friday, April 19, 2013

Hubungan Erat antara Kaos Kaki dan Pelajar



Hubungan erat antara kaos kaki dan pelajar memang nyata. Setiap murid diwajibkan untuk memakainya ketika bersekolah. Sebenarnya tidak hanya siswa sekolah, benda ini juga dipakai oleh guru, para pegawai kantoran sampai para olahragawan. Mereka semua selalu menggunakannya sebelum memakai sepatu.

Apakah fungsi utamanya? Apakah akan berpengaruh terhadap kesehatan kita jika tidak memakainya? Memang tidak ada pengaruh besar terhadap kesehatan ketika kita tidak mengenakannya sebelum memakai sepatu. Tujuan utamanya supaya kaki kita terasa nyaman di dalam sepatu. Selain itu juga berguna untuk menjaga bagian dalam sepatu agar tidak mudah kotor dan basah karena keringat. Keringat bisa membuat alas kaki berbau tidak sedap. Dengan memakai pembungkus kaki maka kotoran yang menempel di telapak kaki tidak langsung berpindah ke sepatu. Kita tinggal mencucinya saja.

Ada beberapa cara untuk merawatnya supaya lebih awet : 
  • Kita harus sering mencucinya supaya noda keringat yang menempel bisa segera hilang. Noda ini dapat menimbulkan warna hitam yang susah untuk dihilangkan jika tidak cepat dicuci. 
  • Maka rendam dulu menggunakan sabun cuci selama beberapa menit. 
  • Kita bisa memakai sabun pemutih untuk yang berwarna putih. 
  • Lebih baik mencucinya sendiri dan dikucek dengan tangan supaya lebih bersih, tidak perlu menggunakan mesin cuci atau laundry. 
  • Setelah dijemur dan kering, tidak perlu menyetrikanya supaya tetap awet dan tidak melar atau molor. 
  • Lipat dengan rapi dan simpan di dalam lemari.
Ada trik sederhana supaya kaos kaki kesayangan anda tetap awet, yaitu ketika melepasnya gulung dari atas sampai ke bawah, bentuknya menjadi mirip donat, jangan melepas dengan cara kasar atau menggeretnya.

Jenis yang sangat erat hubungannya dengan para siswa adalah yang berwarna putih. Lihat saja, sejak SD kita selalu diwajibkan memakai warna putih terutama saat upacara bendera. Setiap sekolah rata-rata melakukan peraturan yang sama. Tujuannya supaya tercipta keseragaman di antara siswa dan juga menunjukkan adanya kesatuan dan persatuan di sekolah. Para guru juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk memakai warna lain di hari tertentu untuk memberi kesempatan mereka berekspresi. Tentunya tidak lepas dari peraturan yang tetap harus dilaksanakan.

Beberapa jenis yang familiar dengan para siswa adalah yang bermodel panjang dan juga pendek. Model panjang ada yang sampai lutut dan di tengah betis. Umumnya disukai oleh cewek-cewek yang memakai rok pendek. Selain fashion juga berfungsi untuk menutup bagian betis sampai lutut supaya tidak terkena panas matahari yang bisa membuat kulit mereka menjadi hitam. Ada juga yang suka memakai model ini karena malu memiliki bulu kaki yang cukup lebat.

Untuk model pendek, terdapat beberapa macam. Yang pertama panjangnya berada sedikit di atas mata kaki. Yang kedua, panjangnya sebatas mata kaki, dan yang terakhir panjangnya berada di bawah mata kaki. 

Model yang pertama sering dipakai oleh anak cowok, mungkin karena mereka lebih nyaman dengan jenis ini. Ada sisi buruk dari mereka yang tidak boleh ditiru. Beberapa murid laki-laki kadang tidak peduli apakah pembungkus kaki mereka itu masih layak dipakai atau tidak. Ada yang karetnya sudah sangat kendor, tapi tetap saja masih digunakan. Alasannya tidak kelihatan karena tertutup oleh celana seragam yang panjang. Ada juga yang sengaja tidak mentaati aturan sekolah dengan tidak memakainya sama sekali. Bayangkan jika celana mereka agak ditarik ke atas, pasti penampilannya akan sangat buruk. Ada juga yang rajin memakainya tapi malas untuk mencuci. Pasti baunya luar biasa, bisa meracuni seluruh kelas. 

Jika kamu memakai yang bau, baunya yang menyengat bisa menempel di kakimu. Sehingga ketika dilepas bau itu tidak akan hilang dari kaki sampai kamu mencucinya dengan sabun. Kasihan kan teman sebangkumu yang harus menahan bau tidak sedap itu?

Model yang kedua sepertinya sekarang sedang booming. Siswa putri yang berhijab hobi mengenakannya, mereka tidak mempermasalahkan panjang atau pendeknya karena kakinya sudah tertutup oleh rok yang panjang. Mereka cenderung lebih memikirkan kenyamanannya. Tapi ada juga cewek yang tidak berhijab suka memakai jenis ini. Biasanya cewek-cewek tomboy yang selalu ingin terkesan keren. 

Jenis ketiga lebih banyak dipakai oleh cewek-cewek di bangku kuliah karena model ini tidak terlihat dari luar ketika di pakai. Maka anak sekolah tidak boleh memakainya. Ada yang berbentuk seperti jala, ada juga yang transparan. 

Sahabat sepatu ini juga bisa digunakan untuk menutupi betis yang besar. Coba kenakan yang modelnya panjang sampai ke lutut, ini bisa menyamarkan bentuk betis yang kurang sempurna. Anda akan terkesan lebih rapi.

Itulah hubungan erat antara kaos kaki dan pelajar di lingkungan kita serta beberapa manfaat menggunakannya dan cara merawatnya.

No comments:

Post a Comment