Thursday, April 18, 2013

Manfaat Kaos Dalam atau Singlet



Kaos dalam atau yang lebih kita kenal dengan singlet adalah topik yang sepertinya jarang dibicarakan. Mungkin mereka berpendapat benda ini tidak menarik untuk dibahas di muka umum. Tidak ada salahnya jika kita mencoba mengenal jenis  pakaian ini lebih detail. Dengan begitu kita juga akan lebih mengetahui manfaat dan kegunaannya.

Kata sebutan bagi pakaian dalam yang satu ini sebenarnya kita serap dari bahasa Inggris yang bisa diartikan sebagai baju tanpa lengan, yang memakainya kebanyakan adalah pria. Namun kini sudah banak desain yang ditujukan untuk kaum hawa dengan nama yang sama pula. Kemudian berkembang lagi dan muncullah istilah “tank top”. Apa perbedaan antara keduanya?

Perbedaan yang sudah jelas diketahui oleh semua orang adalah tank top hanya bisa dikenakan oleh wanita, tidak diperuntukkan bagi laki-laki karena desainnya memang berbeda. Modelnya pun cukup banyak macamnya, ada yang sederhana dan biasanya digunakan sebagai dalaman, sedangkan yang dibuat dengan model yang menarik bisa digunakan untuk bepergian. Untuk membuatnya menjadi lebih menarik biasanya diberi hiasan berupa renda, manik-manik atau berbagai warna yang disukai wanita. Ada juga yang didesain dengan kancing atau mengkombinasinya dengan bahan lain seperti kain satin.

Kesamaannya adalah bisa dipakai sebagai dalaman. Contohnya saja sebelum kita memakai pakaian seragam, terlebih dahulu gunakanlah pakaian dalam atau tank top. Tujuan utamanya adalah supaya keringat bisa diserap dan tidak membuat baju menjadi cepat basah atau bau keringat. Di samping itu kalau baju kita terbuat dari bahan yang tipis maka bagian dada kita akan terlihat dari luar. Dengan pakaian ini kita bisa membuat bagian dada atau bra menjadi tidak terlihat. Hasilnya kita bisa tampil lebih sopan dan nyaman.

Terutama bagi remaja putri yang pakaian seragamnya agak transparan. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya kalian selalu memakainya setiap hari. Jika seragamnya berwarna putih, Lebih baik juga gunakan dalaman berwarna warna putih supaya tidak menarik perhatian. Memang tidak ada peraturan khusus yang mengatur tentang ini tapi kita harus menjaga diri kita sendiri supaya tetap aman dan terhindar dari perbuatan buruk yang mungkin mengincar.

Selanjutnya kita akan mengenal beberapa jenis baju dalaman yang kita pakai sehari-hari:
  • Kaos dalam untuk anak dan balita
Pada umumnya memiliki tujuan yang sama dengan orang dewasa, yaitu supaya mereka tidak merasa kedinginan kalau hanya mengenakan baju sehelai saja. Pada saat cuaca panas pun bisa menyerap keringat sehingga baju luarnya tidak cepat basah. Karena masih kecil, sehingga desain untuk anak perempuan dan laki-laki disamakan, mungkin kita bisa menggunakan warna untuk membedakannya. Misalnya warna pink dan selalu identik dengan perempuan. Untuk Tank top bagi anak kecil juga sudah banyak kita temukan di pusat pertokoan yang menjual peralatan dan baju balita.
  • Singlet untuk pria
Dalaman ini memang pertama kali ditujukan bagi kaum pria. Tidak banyak desain yang dibuat untuk kalangan ini. Memang modelnya mirip dengan tank top wanita namun warna yang tersedia kebanyakan adalah warna putih. Berbeda dengan yang digunakan oleh binaragawan. Itu memang ditujukan untuk berolahraga sehingga bahannya pun berbeda dan juga tersedia dalam beberapa warna supaya lebih menarik.
  • Untuk wanita
Baju dalaman bagi wanita biasanya dibedakan dengan hiasan pita kecil yang dipasang di tengah kerah bagian depan. Ada juga yang sengaja didesain tanpa pita dan diganti dengan gambar kartun lucu di beberapa bagiannya. Pada tank top desainnya lebih beragam. Misalnya pada tali di bagian bahu. Ada yang dibuat kecil, ada juga yang didesain lebih lebar. Ada juga yang bagian belakangnya dibuat menyilang. Masih banak lagi macamnya dan kita bisa memilihnya sesuai selera.

Bagi teman-teman yang masih bersekolah, alangkah baiknya jika kalian selalu memakai kaos dalam sebelum memakai seragam. Bagi anda yang sudah bekerja juga sebaiknya pakailah singlet supaya baju tidak mudah terkena keringat jika hanya dikenakan sebentar. Kita tinggal mengganti dalamannya saja dan bajunya masih bisa kita pakai lagi.

16 comments:

  1. dari sd sampe kuliah masih pake singlet buat kaos dalem nya, sehari ga pake aja ga nyaman, udah cinta sama singlet hahaha

    ReplyDelete
  2. apakahkaos dalam berbahan katun itu menyerap keringat ?
    kunjungi balik
    kaos dalam pria

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Gua tinggal di malang lo tau sendiri kan disana dingin ya biarpun dingin biasanya gua pake singlet doang tanpa luaran biar gak keringatan jadi gak basah ketiak

      Delete
    3. Iya, bahan katun bisa menyerap keringat. Tinggal pakai yang lingkar ketiaknya kecil/pendek aja biar ketiak gak terlalu basah dan lengket. Soalnya kalo gak gitu baju luar jadi basah bagian keteknya karena lingkar ketek kaos dalem atau singletnya kelonggaran atau gak pas ketek

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Oh iya kekurangan baju kalo dipakai membuat ketiak cepet basah karena sirkulasi udara kurang kalo pake singlet tanpa luaran ketiak gal cepet basah

      Delete
    4. Bagusnya lagi pakai kaos dalem atau singlet buat daleman kemeja atau baju yang lingkar ketiaknya pas diketiak. Jadi ketiak gak terlalu basah dan lengket saat keringetan.

      Delete
  4. Iya sih pake singlet emang enak apa lagi kalo panas panasmseperti foto gua yang ini

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Iya, bener banget. Kalo bisa cari yang bahannya menyerap keringat.

    Dan kalo bisa cari kaos dalem yang lingkar ketiaknya pas diketek, soalnya kalo terlalu membleh atau kelonggaran sama aja basah keteknya kalo luaran pake kemeja.

    Selama ini aku pake kaos dalem yang pas diketek dan gak kelonggaran supaya keringat dari ketek bisa diserap sama si kaos dalem ini. Kalo kelonggaran lingkar ketiaknya kan sama aja bohong, kemeja jadi bau ketek juga.

    Ukurannya setidaknya pas atau jaraknya satu jari dari ketek. Tapi pastikan bahannya lembut supaya nyaman diketek. Ini berlaku juga buat tank top atau singlet.

    Aku pernah liat ada kemeja yang ketiaknya kuning, mungkin ini dari penggunaan kaos dalem yang lingkar ketiaknya kelonggaran, efeknya ketiak jadi lengket kalau kaos dalem gak pas ketek. Kalau kalian pake yang ukurannya pas diketek, insa allah noda kuning dari ketiak ketahan sama kaos dalem atau singlet yang kalian pake. Sekedar pengalaman aja sih hehehehehh..

    Salam pecinta singlet 😁

    ReplyDelete
  7. Kalo aku udah kebiasaan dari kecil pake kaos dalem. Kalo ga pake sebentar juga ga enak bgt rasanya. Tapi sekarang mama aku bilang ga boleh pake kaos dalem :( hikss. Sampe kaos dalemnya di sumputin mama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli lagi aja kaos dalemnya. Nanti pas dicuci jangan ketauan mama hehehe..

      Delete
    2. Kalau saya kebalik. Saya yang sembunyiin singlet saya sendiri biar ga disuruh pake sama ortu

      Delete