Sunday, April 28, 2013

Berbagai Macam Celana Batik



Berbagai macam  celana batik sekarang sudah mulai populer. Desain dan motifnya yang sangat beragam membuat kita menjadi lebih leuasa dan bebas untuk memilih yang kita sukai. Peminatnya pun sangat beragam, datang dari berbagai kelas sosial. Walaupun anda bukan berasal dari kalangan orang kaya, tidak perlu khawatir, sudah banyak produk yang ditujukan untuk kalangan kelas menengah ke bawah.

Bawahan ini sangat cepat berkembang karena sangat fleksibel. Kita bisa memadukannya dengan baju atau kaos sederhana, tergantung desainnya. Maka kita juga bisa menggunakannya dalam berbagai acara. Tapi mungkin untuk acara yang sangat resmi, model ini belum dianjurkan. Maka sebaiknya kita mencari setelan yang lebih sesuai untuk menghadiri acara yang sangat formal.

Anda juga tidak perlu bingung untuk mencari tempat yang menjual barang ini. Dari pasar hingga pusat perbelanjaan rata-rata menyediakan busana ini. Pastinya setiap tempat mempunyai standar kualitas yang tidak sama. Kita tidak bisa menyamakan kualitas pasar dengan kualitas di mall, pasti akan terdapat perbedaannya. Entah dari terkstur kainnya ataupun hasil jahitannya. Barang yang dijual dengan harga tinggi juga tidak mungkin sembarangan, perhatikan secara detail dari jahitannya, pasti akan terlihat lebih rapi dan potongannya tepat sehingga nyaman untuk dipakai.

Berbeda dengan yang banyak kita temukan dengan harga yang relatif rendah. Ketika dipakai akan terasa kurang nyaman, kemudian ada beberapa bagian yang jahitannya kurang kuat, sehingga mudah robek. Banyak orang yang tergiur dengan harga yang murah, namun baru sekali dipakai langsung robek dan harus menjahit ulang. Kalau yang sobek tepat pada bagian yang dijahit, kita masih mudah untuk memperbaikinya, bagaimana kalau kainnya yang robek? Susah kan? Anda juga akan merasa kecewa karena baru saja dibeli. 

Oleh karena itu, berbagai macam celana batik ini dapat kita bedakan juga dari kain yang digunakan untuk membuatnya. Kain dengan kualitas nomer satu akan lebih awet daripada kain yang berkualitas buruk. Pemillihan bahan yang bagus juga akan nyaman di kulit, tidak terasa kaku dan kasar. 

Kalau dilihat dari proses pembuatannya, bawahan ini juga ada yang dibuat secara manual (tulis) dan dengan cap dan sablon. Ada juga cara lain, yaitu dengan menggabungkan kain-kain perca yang sudah tidak dipakai. Kita masih bisa memanfaatkannya untuk membuat bawahan ini. Ternyata cara yang terakhir ini juga mulai diterima di pasaran, tergantung kreasi kita dalam pembuatannya.

Dari jenisnya, dapat dibedakan menjadi pendek dan panjang. Untuk yang pendek sangat cocok dipakai pada saat-saat santai bersama keluarga atau bisa juga menjadi busana ketika kita akan tidur. Ada yang panjangnya di atas lutut, sebatas lutut, atau di bawah lutut. Semuanya bisa dipilih esuai selera masing-masing. Yang panjang dapat digunakan oleh para wanita berhijab. Yang tidak berhijab pun bisa memakainya untuk bepergian.

Dari modelnya, juga ada beberapa perbedaan yang bisa kita lihat. Untuk jenis pendek memang tidak ada perbedaan yang begitu jauh untuk yang ditujukan pada pria dan wanita, khususnya yang pendeknya sebatas lutut. Pria atau wanita bebas untuk memakainya. Hanya saja, desain untuk perempuan lebih banyak ragamnya.  Misalnya, ada yang dilengkapi dengan tali atau pita di beberapa bagian, ada yang dilengkapi dengan karet elastis pada bagian bawahnya, dan sebagaianya.

Untuk model yang panjang sepertinya kebanyakan ditujukan untuk para wanita. Ada yang dibuat model alibaba, yaitu bentuknya longgar di bagian paha ke bawah dan menyempit dari betis sampai ke pergelangan kaki.  Ada juga yang desainnya dari depan mirip seperti rok panjang namun dari belakang tidak saperti tampak depan. Model seperti ini bisa digunakan untuk pergi keluar rumah. Kita cukup memasangkannya dengan kaos atau baju yang polos yang warnanya senada.

Dari ukurannya, juga sudah tersedia dari anak sampai dewasa. Mungkin untuk beberapa model ada ukuran yang hanya dikhususkan untuk dewasa saja atau khusus anak. Ini juga tergantung oleh produsen yang membuatnya. 

Berbagai macam celana batik sangat disukai karena nyaman untuk dipakai sebagai busana harian. Desainnya pun sesuai untuk segala usia. Selain itu harganya yang terjangkau juga merupakan nilai plus.

1 comment: