Monday, April 29, 2013

9 Benda dari Batik dan Manfaatnya



Kali ini kamu membaca sebuah artikel singkat tentang 9 benda dari batik dan manfaatnya. Membicarakan kain tradisional yang satu ini memang tidak ada habisnya, selalu saja ada yang bisa kita bahas dan pasti memiliki kelebihannya masing-masing serta sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Setiap barang yang akan kita bahas pasti sering anda temukan di kehidupan sehari-hari. Jenisnya memang berbeda-beda dan dapat membantu anda dalam berbagai kegiatan. Langsung saja simak tulisan di bawah ini :
  • Kain
Kain adalah bahan dasar pembuatan dari berbagai barang, tanpa material ini tidak mungkin akan tercipta kerajinan lain. Proses pembuatannya yang terbagi menjadi beberapa cara, kualitas dan corak yang dimiliki masing-masing kain membuat harganya sangat beragam. Untuk mendapatkannya sangat mudah, di pasar tradisional kita sudah bisa menemukan berbagai jenisnya dengan harga standar sampai menengah. Sedangkan untuk kualitas yang lebih tinggi anda bisa mendapatkannya di toko khusus.
  • Baju
Barang pertama yang bisa dihasilkan dari bahan di atas adalah baju atau kemeja. Sekarang juga sudah sangat mudah untuk membelinya karena barang ini banyak kita jumpai di toko-toko baju. Sudah dilengkapi dengan berbgai ukuran, jadi kita tinggal memilih corak dan warna yang disukai lalu meminta size pada pelayan toko untuk dicoba. Tentunya baju ini juga memiliki kualitas yang tidak sama. Bagi yang bermerek terkenal, pasti menggunakan kain yang halus dan nyaman dipakai, harganya pun akan lebih tinggi dibandingkan yang anda temukan di pasaran atau grosir.
Jenis dan modelnya yang sangat bervariasi membuat kemeja ini bisa dipakai untuk menghadiri acara-acara yang formal. Terutama laki-laki yang paling sering memakainya baik untuk bekerja atau menghadiri suatu udangan.
  • Rok atau dress
Benda ini memang banyak yang dibuat dari batik. Busana yang identik dengan wanita ini dirancang dalam berbagai desain. Pada dress panjang yang dilengkapi dengan aksesori yang menawan bisa kita manfaatkan untuk pergi kondangan. Tidak harus panjang, dress sepanjang lutut rasanya juga cocok untuk usia remaja dan anak-anak. Kalau anda lebih suka pakaian yang berupa atasan dan bawahan, anda bisa memakai baju atau hem polos dan bawahan rok. Tentunya anda harus mencari warna yang senada.
  • Kaos
Kalau baju bisa kita pakai untuk hadir di acara resmi, untuk yang satu ini sangat nyaman dipakai bersantai. Entah di rumah atau saat ke pantai, atau sekedar bermain dengan teman karena bahan yang dipakai untuk pembuatan kaos kebanyakan memilih bahan yang lebih tipis sehingga memberikan efek dingin bagi si pemakai. Yang pasti juga sangat ringan dan anda tidak merasa panas walaupun matahari bersinar cukup terik.

Kelebihan lainnya, kaos ini sering dijadikan sebagai sovenir yang mengingatkan kita pada suatu tempat, misalnya Bali atau Candi Borobudur. Coba perhatikan, ketika anda ke sana pasti banyak pedagang yang menjual barang seperti ini, harganya pun sangat terjangkau, maka tak heran jika banyak wisatawan yang membelinya sampai berhelai-helai.
  • Celana
Selain kaos, celana pendek dari kain ini juga sangat enak untuk dipakai bersantai. Kita menjadi lebih mudah ketika bergerak dan tidak panas. Model yang pendek, di atas lutut sesuai untuk anak-anak, anda juga bisa membelinya di pasar atau toko, tidak mahal kok. Untuk celana panjang, kita bisa memakainya ketika akan keluar rumah, di samping lebih sopan desainnya yang unik dan menarik akan membuat penampilan anda lebih trendy. Kita bisa memakainya bersama kaos atau baju. Tinggal sesuaikan dengan desainnya saja.
  • Tas
Ada yang didesain menjadi tas ransel, ada juga tas selempang. Ransel banyak dipilih oleh anak sekolah untuk membawa buku pelajaran yang cukup banyak. Tas selempang lebih disukai untuk berjalan-jalan atau banyak juga dipakai mahasiswa saat peri kuliah. Ukurannya juga beragam, ada yang berukuran kecil dan sesuai untuk anak kecil. Ada juga tas laptop, dengan menyimpannya di dalam tas, laptopmu tidak mudah terkena debu.
  • Dompet
Orang suka menggunakannya sebagai sovenir pernikahan. Kita tinggal memesannya di toko dengan memilih ukuran, warna dan modelnya. Semua bisa disesuaikan dengan keinginan.
  • Sandal
Biasanya digunakan sebagai sandal dalam ruangan, tidak untuk keluar. Rata-rata diproduksi dengan sol yang tipis untuk menghemat biaya. Tapi kita bisa memesannya dengan desain yang berbeda jika ingin menggunakannya pada acara-acara khusus.
  • Sepatu
Barang ke 9 ini masih belum banyak dijual di toko, kita bisa mendapatkannya dengan memesannya di tukang sepatu. Beberapa selebriti ada yang memakainya untuk keperluan syuting.

Barang-barang yang telah kita bahas hanyalah 9 benda yang dibuat dari batik. Masih banyak barang lain lyang juga bisa bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.

1 comment: