Tuesday, May 7, 2013

9 Fungsi Sarung



Kita perlu mengenal 9 fungsi sarung yang sebenarnya tidak hanya digunakan untuk ibadah semata. Karena selama ini banyak orang yang menganggap bahwa kain ini selalu identik dengan kaum muslim. dulu pakaian ini memang paling banyak ditemukan pada para santri yang ada di pesantren. Mereka menggunakannya sebagai busana sehari-hari.

Seiring dengan perkembangan zaman, kain ini mulai digunakan oleh masyarakat secara luas, tidak terbatas pada kaum muslim saja dan juga tidak terbatas pada jenis kelamin. Kain ini berkembang pesat pada saat Islam mulai jaya. Kemudian Yaman disebut sebagai negara yang mulai membudayakan kain ini.
  • Boneka
Kain ini bisa kita sulap menjadi sebuah boneka sederhana dan bisa digunakan untuk bermain si buah hati. Kita bisa membuatnya sendiri sekaligus menghemat uang yang kita keluarkan hanya untuk membeli berbagai mainan dengan harga yang mahal.
  • Selimut
Kain ini bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin dan kita tidak kebagian selimut. Selain itu orang-orang biasa memakainya ketika ronda malam.
  • Topeng ninja
Anak-anak kecil suka bermain dengan menciptakan sebuah topeng yang mirip ninja atau maling yang ada di film atau sinetron di televisi. Kemudian mereka bermain sebagai polisi dan pencuri.
  • Rok
Fungsi kain sarung berikutnya adalah sebagai busana bawahan yaitu rok. Anda bisa meminta bantuan tukang jahit untuk menyulapnya menjadi rok panjang atau rok pendek. Anda juga bisa memintanya untuk membuat desain yang sesuai dengan keinginan dan menambahkan beberapa aksesori supaya membuatnya tampak menarik.
  • Celana
Pillihan lain, kita bisa membuatnya menjadi celana pendek atau celana panjang, tentunya harus disesuaikan dengan ukuran bentuk kaki anda. Anda bisa mengkombinasikannya dengan kaos atau atasan lainnya yang sesuai dengan warnanya.
  • Ayunan
Orang tua zaman dahulu suka menggunakannya sebagai ayunan untuk bermain anak-anak kecil, kalau sekarang kita sudah bisa membeli ayunan yang lebih modern dan tidak menggunakan kain ini lagi.
  • Tas
Kain ini bisa kita ubah seketika menjadi sebuah tas yang bisa dipakai untuk membawa beberapa barang sekaligus dan pada saat darurat, seperti bencana alam. Semua barang penting bisa kita masukkan ke sini kemudian tali dengan kencang.
  • Tempat ganti
Kain serba guna ini bisa digunakan sebagai tempat untuk berganti pakaian saat darurat dan sudah tidak kebagian kamar kosong. Anda bisa minta tolong kepada saudara atau teman untuk memeganginya melebihi tinggi badan anda supaya tidak terlihat. Gantilah secepat mungkin supaya temanmu tidak lelah menahan tangannya yang harus memegang kain itu.
  • Senjata
Jika anda mengalami saat-saat genting dan memerlukan benda yang bisa dipakai untuk mempertahankan diri, padahal yang tersisa saat itu hanya kain ini. Anda bisa menggunakannya untuk melindungi diri dari senjata tajam yang digunakan oleh penjahat, syaratnya anda memang sudah mahir dalam hal bela diri seperti si pitung.

Itulah 9 fungsi sarung yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Selain digunakan untuk beribadah, semua orang dari segala usia bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.

No comments:

Post a Comment