Thursday, May 2, 2013

Tips Menyetrika Cepat dan Halus



Apa sih yang membuat kegiatan rumah yang satu ini menjadi sangat berat ketika akan dikerjakan? Pertama, mungkin karena baju yang sudah menumpuk terlalu banyak  sehingga untuk mengawalinya saja sudah membuat kita malas. Kedua, cuaca yang akhir-akhir ini semakin panas juga mempengaruhi niat kita untuk segera melakukan pekerjaan ini. Ketiga, tugas kuliah, sekolah atau tugas kantor yang harus segera diselesaikan juga menjadi salah satu hambatan. Jadi, simak tips menyetrika dengan cepat dan halus.

Luruskan niat anda sebelum memulainya. Berniatlah dengan sungguh-sungguh supaya tidak ada hal-hal lain yang dapat mempengaruhi pikiran anda sehingga kembali mengurungkan niat untuk melaksanakan kegiatan ini karena semakin lama anda mengulur waktu, semakin menumpuk pula pekerjaan ini.

Ada cara yang dapat mempermudah kegiatan ini. Setelah selesai mencuci, jemur pakain dengan rapi. Setelah kering dan belum akan disetrika, lipat dengan bagus dan tumpuk secara rapi supaya tidak kusut sehingga lebih mudah saat proses ironing.
  • Persiapkan semua peralatan yang anda butuhkan seperti papan dan cairan pelicin. Kalau anda tidak suka menggunakan papan dapat menggantinya dengan tumpukan kain yang tebal dan dilipat rapi atau busa khusus.
  • Panaskan setrika, sebelum mencolokkan ke listrik, jangan lupa untuk mengecek apakah setelan suhunya sudah berada di angka yang paling kecil supaya menghemat angkatan listrik. Baru kemudian dibesarkan secara perlahan. Kalau anda menghidupkannya pada posisi setelan di suhu panas otomatis akan menghabiskan litrik lebih besar. Lalu suhunya harus disesuaikan dengan jenis kain supaya tidak lengket dan merusak baju kesayangan.
  • Sambil menunggu suhunya naik, mulai pisahkan baju menjadi beberapa kelompok, misalnya menurut jenis kainnya atau fungsinya. Kelompokkan baju yang biasa digunakan ke kantor dengan baju untuk santai di rumah. Pemisahan ini sangat membantu kemudahan anda dalam menyetrika sehingga lebih cepat namun tetap halus.
  • Sebaiknya mulailah dengan baju santai yang biasa anda pakai di rumah, atau pakaian lain yang berbahan tipis karena kain seperti ini tida memerlukan suhu yang terlalu panas.
  • Jangan lupa untuk selalu menyemprotkan cairan pelicin. Walaupun sudah menggunakan cairan ini, anda harus tetap mengerjakannya dengan memberikan sedikit tekanan supaya bagian yang kusut cepat hilang.
  • Jangan tergesa-gesa menggeser setrika, lakukan dengan perlahan. Jika terburu-buru, malah akan memperpanjang waktu dan membuang tenaga anda sia-sia karena harus mengulangnya berkali-kali. Misalnya pada kaos, tips untuk mempercepatnya bentangkan kaos itu dan pastikan agar tidak ada bagian yang terlipat. Gosok perlahan dengan suhu yang tepat mulai dari bagian atas, lengan sampai ke bawah. Kemudian balik kaos tersebut, lakukan hal yang sama. Yang perlu diperhatikan ketika anda menggeser atau menarik kaos tersebut untuk berpindah dari satu area ke area lain, pastikan tidak ada kain yang terlipat pada bagian yang sudah disetrika.
  • Setelah selesai, segera lipat dengan hati-hati atau gantung menggunakan penggantung baju. Dan simpan di dalam lemari. Jangan biarkan debu atau kotoran menempel di baju.
  • Kemudian lanjutkan proses ironing untuk pakaian kerja atau bepergian, ingat untuk selalu menyesuaikan suhunya. Berikan perhatian lebih untuk pakaian ini karena berpengaruh terhadap penampilan kita di muka umum.
  • Untuk pakaian dalam seperti kaos dalam, lakukan paling akhir. Anda bisa mencabutnya terlebih dahulu untuk menghemat pemakaian listrik. Sisa panas di setrika inilah yang bisa anda gunakan.
Dengan beberapa tips di atas, anda bisa menyetrika dengan lebih cepat dan dijamin tetap halus asalkan anda melakukannya dengan sepenuh hati dan serius.

No comments:

Post a Comment