Tuesday, May 14, 2013

Mengenal Macam Rok



Bawahan yang selalu identik dengan para wanita adalah rok. Untuk itu kita perlu mengenal macam dan modelnya yang banyak kita jumpai di lingkungan. Setelah kita mempelajarinya, maka akan lebih tahu desain yang cocok untuk diri kita dan yang dapat dipadukan dengan atasan yang sesuai. Sehingga kita tidak akan menjadi bahan pembicaraan hanya karena memakai busana yang tidak pas.

Berikut ini kita akan melihat dari panjangnya terlebih dahulu :
  • Mini. 
Seperti yang banyak kita lihat di pertokoan, panjangnya berada di atas lutut, kebanyakan sebesar 10 cm. tapi banyak yang lebih pendek dari itu. Jika terlalu pendek malah akan memperburuk tampilanmu, anda bisa dikira tidak memperhatikan norma kesopanan yang ada di lingkungan kita.
Micro. Panjangnya ada di pangkal paha. Tidak banyak yang berani memakai model ini. Beberapa selebriti yang sering mengenakannya pada acara tertentu.
  • Kini. 
Model ini banyak disukai karena panjangnya mencapai lutut sehingga bisa digunakan untuk pergi ke kantor.
  • Midi. 
Desainnya tanggung, karena berada di tengah betis. Sangat cocok dipakai oleh wanita dewasa dan dipakai pada acara resmi atau formal. Desain ini bisa dipasangkan dengan kemeja lengan panjang atau pendek dengan warna senada.
  • Maxi. 
Panjangnya sampai di mata kaki. Banyak dipakai oleh wanita yang berjilbab, sangat cocok dipakai di acara resmi atau santai. Tergantung dengan desain dan bahan yang digunakan.
  • Model floor. 
Desain ini lebih panjang dari lainnya bahkan sampai ke lantai. Desain baju pesta banyak yang menggunakannya.
 
Kemudian kita akan mengenal macam rok menurut desainnya :
  • Sesuai dengan pola dasar.
Polos dan tidak dilengkapi dengan modivikasi lain, biasanya dilengkapi dengan ritsleting di bagian belakang.
  • Span
Desain ini sering dikenakan oleh perempuan yang memiliki sifat feminine dan seksi. Dibagi menjadi dua, span dan semi span. Untuk span modelnya menyempit ke dalam pada bagian bawahnya sedangkan yang semi modelnya lebih lurus selebar panggul anda.
  • Pias
Jumlah pias ada beberapa macam, ada yang jumlahnya 3, 4 atau 6. Anda juga bisa membuat dengan jumlah yang lebih dari yang telah disebutkan.
  • Kerut
Sengaja dipasang kerutan menggunaka karet di bagian perut atau pinggang. Model ini biasanya melebar di bagian bawahnya.
  • Klok
Jenis ini juga berbentuk lebar di bagian bawahnya namun tidak dilengkapi dengan kerut. Banyak orang yang menggunakan desain ini pada kain batik yang akan dipasangkan dengan kebaya.
  • Lipit
Mungkin anda lebih familiar dengan rempel. Seperti bawahan baju pada anak SD. Ada tiga jenis rempel. Rempel pipih, sama seperti rok SD, lipit hadap artinya dibuat berhadapan, misalnya pada bagian depan, atau bagian belakang. Sungkup, yang ini dibuat dengan arah yang berlawanan. Jika yang satu menghadap kiri maka lainnya menghadap ke kanan.
  • Tingkat
Biasanya dibuat sebanyak dua sampai tiga tingkatan, banyak kita temukan pada busana anak-anak, namun juga bisa dipakai untuk model pakaian dewasa.

Desain yang sedang banyak digemari oleh masyarakat adalah :
  • Model A
Desainnya memang mirip seperti huruf A yang lebar di bagian bawah dan menyempit pada pinggang. Banyak disukai karena cocok untuk bentuk tubuh apa saja. Pada badan gemuk, dia bisa menutupi bentuk tubuh yang kurang sempurna.
  • Tulip
Sama seperti bunga tulip yang biasa kita lihat, bentuknya sempit pada bagian perut, lebar pada bagian bokong dan mulai menyempit di bagian bawah.

Dengan mengenal macam rok maka kita bisa melihat jenis dan model mana yang cocok dengan kita.

No comments:

Post a Comment