Sunday, May 5, 2013

7 Cara Ternyaman Memakai Sepatu Baru



High heels yang selama ini menemani rutinitas kita memang tidak akan pernah bisa jauh dari kehidupan wanita. Tak Jarang mereka berburu alas kaki ini di pertokoan yang menyediakan berbagai bentuk dan jenisnya, apalagi saat diadakan promo dan potongan harga. Di rumah pun kita bisa menemukan koleksi mereka yang jumlahnya bisa mencapai dua sampai tiga pasang. Masalahnya kaki sering terasa sakit ketika mencoba yang anyar. Maka kita perlu tahu 7 cara ternyaman untuk memakai sepatu baru.

Kalau dipikir, kenapa para wanita harus rela kakinya sakit saat menggunakannya? Karena benda ini sangat menunjang penampilan. Orang yang pendek akan terlihat lebih tinggi, sedangkan yang sudah tinggi akan tampak lebih anggun dan cantik. Kemudian akan muncul pikiran, apa para gadis akan menjadi cantik hanya saat mengenakannya, kalau sudah dilepas kecantikannya akan hilang. Tentu saja tidak demikian, maksud yang sebenarnya adalah alas kaki ini mampu membuat wanita menjadi lebih percaya diri untuk tampil di muka umum. Rasa percaya diri yang tinggi itu dapat mengeluarkan kecantikan alami yang dimiliki oleh setiap wanita.

Itu artinya,tidak ada yang mewajibkan kita untuk selalu tampil dengan alas kaki hak tinggi ini. Anda bebas untuk memilih jenis dan model apa yang sesuai dengan kaki dan tentunya enak digunakan. Terlebih bagi orang yang sejak awal sudah tidak suka dengan hak tinggi dan merasa nyaman dengan model kets, mereka pasti akan berpikir panjang jika diminta untuk mencobanya. Tapi jangan salah, setiap model alas kaki pasti dibuat dari berbagai macam materi yang berbeda-beda dan akan sangat mempengaruhi kelenturannya di kaki.

Maka segera simak 7 cara ternyaman memakai sepatu baru:
  • Priksa kelenturan sepatu
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, materi yang digunakan dalam pembuatannya akan memberikan pengaruh yang cukup besar pada kenyamanan ketika dipakai. Untuk itu, pada jenis kets, boots atau pantofel, cek dengan menekuknya sedikit, jika mudah berarti empuk dan enak dikenakan, jika tidak, berarti kaku dan akan menimbulkan sakit pada kaki. Untuk jenis hak perhatikan bagian alas dan tali-tali yang melengkapinya. Rasakan dengan tanganmu, apakah alasnya dilengkapi dengan bantalan empuk atau tidak, apakah permukaannya kaku atau tidak.
  • Ukuran
Usahakan untuk mendapatkan ukuran yang pas dengan kaki. Pernah mencoba yang ukurannya terlalu besar? Selain akan mengganggu cara berjalan, bisa saja lepas ketika dikenakan dilihat pun juga tidak bagus. Contohnya pada sebagian orang yang menggunakan sandal hak tinggi, di bagian belakangnya terdapat sisa yang cukup banyak karena kakinya berada di ujung sandal, sampai-sampai jari-jarinya melebihi bagian depan sandal. Ini menunjukkan bahwa ukurannya tidak tepat namun dipaksakan untuk mengenakannya. Jari yang menekuk hanya akan membuat kaki anda terasa mudah lelah karena harus menahan berat tubuh anda. Sebaiknya carilah ukuran yang benar-benar sesuai.
  • Coba kedua pasang
Sebagian orang yang mencoba alas kaki di toko hanya mencoba sebelah saja. Entah bagian kanan atau yang kiri. Setelah sampai di rumah, ternyata yang satunya terlalu kecil. Untuk menghindarinya mintalah kepada penjaga toko untuk mengambilkan alas kaki itu secara lengkap. Coba anda kenakan dan juga gunakan untuk berjalan. Dari sini anda bisa mengambil kesimpulan, apakah enak dipakai atau tidak. Ingat, jangan pernah memaksakan membeli hanya karena anda menyukai desainnya. Pada model hak tinggi, anda juga perlu memeriksa apakah haknya terlalu tinggi bagi anda atau tidak. Mudah saja, setelah anda memakai kedua pasang, coba untuk berdiri menghadap kaca dan jinjit. Jika bagian tumit anda bisa terangkat kurang lebih 2 cm, berarti hak tersebut sudah tepat. Kalau anda kesulitan untuk melakukannya itu tandanya terlalu tinggi dan disarankan untuk mencari model lain supaya kaki anda tidak mudah terasa lelah saat menggunakannya dalam jangka waktu yang agak lama.
  • Gunakan pad
Pad adalah bantalan yang diletakkan di dalam dan di dasar alas kaki supaya lebih empuk untuk berjalan. Pad ini tidak akan terlihat dari luar saat kamu mengenakannya.
  • Pakai kaos kaki
Ide lainnya adalah mengenakan kaos kaki agar lebih empuk. Ini juga berfungsi untuk menyerap keringat dan kotoran supaya tidak mengotori alas kaki kesayangan anda. Banyak dipakai pada jenis boots atau kets. Tapi banyak juga yang memakainya saat menggunakan high heels.
  • Plester atau lotion
Bagi yang tidak suka dengan kaos kaki, kamu bisa memilih untuk menempelkan plester di bagian sepatu yang terasa kaku. Pilihan lain, pasang saja plester tersebut di kakimu, misalnya di atas tumit atau pergelangan kaki bagian belakang dan jari kaki. Kalau ditempel pada kaki, pastikan acara yang dihadiri tidak mengharuskan untuk melepas alas kaki sehingga tidak kelihatan kalau kita memakai plester. Atau kita bisa gunakan yang warnanya bening.

Kalau lotion berguna supaya alas kakimu tidak kaku sehingga tidak melukai kaki. Oleskan saja sedikit di bagian tertentu yang menurutmu sering menimbulkan lecet.
  • Menyiapkan diri.
Maksudnya coba untuk menggunakannya beberapa menit sebelum anda pergi untuk membiasakan kaki. Coba berjalan secara perlahan. Terlebih bagi pemula, biasakan untuk melangkah tidak terlalu lebar dan gunakan bagian tumit sebagai tumpuan pertama, jangan gunakan ujung. Jangan berjalan terburu-buru, tidak perlu takut jatuh namun juga harus tetap fokus. Ketika kaki mulai terasa sakit dan lelah, segera cari tempat duduk dan tidak perlu melepasnya sampai acara selesai karena jika sudah dilepas, untuk mengenakannya lafi akan terasa lebih sakit.

Demikianlah 7 cara ternyaman memakai sepatu yang baru kita beli. Anda bisa mencobanya supaya kaki tidak merasakan sakit ketika mengenakannya.

No comments:

Post a Comment