Thursday, May 2, 2013

Tips Menyetrika Celana Kain




Tips menyetrika celana kain berikut ini diharapkan dapat menolong anda yang kebingungan saat akan memulainya. Ini biasa terjadi bagi orang yang tidak pernah melakukan pekerjaan rumahnya sendiri karena terlalu sibuk dengan pekerjaan kantor dan selalu meminta tolong pada pembantu untuk menyelesaikan semua pekerjaan.  Atau para suami yang ditinggal istrinya pulang kampong karena harus mengunjungi keluarga.

Kegiatan ini tidak memandang jenis kelamin, pria atau wanita bisa mengerjakannya. Bahkan lebih baik kalau anda mulai mengajarkannya kepada putra-putri anda yang mulai dewasa supaya bisa membantu mengerjakan pekerjaan ini sendiri tanpa meminta bantuan orang lain, langsung saja simak penjelasan berikut.
  • Yang anda butuhkan adalah setrika, cairan pelicin dan pengharum, papan setrika dan celana kain.
  • Panaskan setrika beberapa saat sebelum memulainya, dan setel panasnya sesuai dengan bahan pakaian. Misalnya, untuk bahan jeans akan membutuhkan panas yang lebih dari bahan yang lebih tipis.
  • Jika anda tidak memiliki papan, bisa menggantinya dengan sprei tebal atau kain lain kemudian dilipat kira-kira sebesar papan karena ada beberapa orang yang lebih suka untuk melakukannya sambil duduk di lantai, sebenarnya ini terpengaruh dengan kebiasaan saja. Anda bisa memilih sesuai kenyamanan anda sendiri.
  • Tips berikutnya atur celana kain dengan cara menyatukan bagian kanan dan kirinya mengikuti lipatan yang sudah ada. Biarkan ritsleting tetap terbuka dan lipat bagian ini ke dalam supaya lebih rapi. Pastikan semua bagian sudah lurus dengan lipatan.
  • Lipat satu sisi ke atas sehingga terlihat satu sisi saja, semprotkan sedikit pelicin dan pengharum, perhatikan jarak penyemprotan supaya cairan dapat menyebar dengan sempurna dan mulailah menyetrika dari bawah ke atas, gerakkan setrika perlahan-lahan sambil sedikit ditekan. Setrika semua bagian yang kusut. 
  • Perhatikan pada bagian lipatan, beri tekanan lebih di sepanjang lipatan dari atas ke bawah supaya hasilnya bagus.
  • Setelah halus, balik ke sisi yang ada di sebaliknya. Sama seperti langkah sebelumnya, semprot cairan pelicin dan mulai gerakkan setrika perlahan, jangan tergesa-gesa.  Perhatikan juga bagian pinggang ke bawah, pastikan semuanya tertindas dengan setrika. Jika tadi bagian sebelah kanan, maka lakukan hal yang sama untuk bagian kaki kiri. Lakukan dengan cermat.
  • Setelah semuanya halus, satukan kembali antara bagian kiri dan kanan dan letakkan kembali di papan. Jika sudah akan digunakan, gantungkan saja menggunakan gantungan baju. Jika masih akan disimpan dan anda tidak memiliki lemari gantungan, anda bisa melipatnya menjadi tiga bagian dan menyimpannya dengan rapi.
Note :
Untuk hasil maksimal, cobalah untuk menyetrika jahitan di bagian dalam terutama pada saku.
Jika saat setrika anda terasa lengket atau berat saat digunakan, berarti suhunya terlalu panas dan anda harus segera mengecilkannya supaya tidak merusak bahan.

Untuk setrika yang sudah dilengkapi dengan uap, akan membantu membuat busana menjadi lebih lembab dan mudah untuk disetrika.

Menyetrika celana kain memang lebih susah dari bahan lain karena jika melenceng sedikit saja dari lipatan awal, akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan kepercayaan diri saat memakainya. Tips ini memang sangat sederhana namun jika anda melakukannya dengan sungguh-sungguh pasti hasilnya akan sangat halus dan tahan lama.

1 comment:

  1. Makasih kak artikelnya keren, jadi nemu referensi cara nyetrika celana kain kaya gimana. Hehehe

    "Lagi nyari Chino Pants? Yuk main ke HM Chino Pants"

    ReplyDelete